Sukses

Konsep Belanja 'Do It Yourself' ala IKEA

Belanja mandiri dengan konsep "Do-It-Yourself" (DIY) di IKEA membuat konsumen menjadi lebih aktif.

Liputan6.com, Alam Sutera DIY atau Do-It-Yourself merupakan sebuah konsep mandiri yang menuntut konsumen untuk melayani dirinya sendiri. Ini terbilang unik karena konsumen melayani dirinya mulai dari memilih, mengambil barang, hingga membawa barang pulang. Anda bisa menemukan konsep mandiri ini di toko perabot rumah tangga IKEA, Alam Sutra.

Konsep DIY yang diterapkan di IKEA ini meliputi membeli barang secara mandiri dimana Anda akan memilih barang sendiri dengan menuliskan kode yang ada di label barang. Untuk beberapa barang tertentu seperti rak buku dan meja, Anda dapat memilih warna dan model sendiri sehingga Anda dapat memiliki model dan warna barang sesuai selera.

Setelah memilih barang, konsumen akan memasuki ruang pengambilan barang di Self Serve Area. Dalam hal ini konsumen akan mencari sendiri barang sesuai kode yang telah ditulis sebelumnya dan mengangkutnya dengan menggunakan troli menuju kasir. Jika transaksi di kasir telah selesai, konsumen dapat membawa pulang barang yang telah dibeli dan merakitnya sendiri dirumah. Inilah yang dinamakan konsep belanja mandiri di IKEA.

Konsumen tidak hanya melayani diri sendiri tetapi juga merakit barang sendiri di rumah. Selain dapat melatih kreativitas dan kekompakan antar anggota keluarga konsep ini juga membuat belanja menjadi lebih hemat. Biaya yang biasa dikeluarkan untuk merakit furnitur bisa digunakan untuk membeli kebutuhan lainnya.

"Merakit sebuah produk IKEA dengan anggota keluarga dapat menghadirkan kedekatan emosional dan menjadikan aktifitas yang seru, dimana hal ini dapat memperkuat rasa memiliki terhadap produk yang dirakitnya," ungkap Eliza Fazia, Marketing Manager IKEA.

Selain itu, konsumen juga membawa barang sendiri karena barang dikemas dalam bentuk datar sehingga tidak merepotkan. Dengan begitu, konsumen dapat menghemat biaya yang biasa dikeluarkan untuk mengirim barang dan bisa menjadi lebih ramah lingkungan karena mengurangi emisi gas mobil.

Bagaimana, sungguh menyenangkan bukan belanja di IKEA?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini