Sukses

3 Hal Penting Sebelum Berkunjung ke Balikpapan

Ada banyak hal menarik di Kota Balikpapan, sayang kalau dilewatkan begitu saja, apalagi jika itu kunjungan perdana.

Liputan6.com, Jakarta Tesya, seorang traveller dan wanita karir yang berkerja di Jakarta, menceritakan kebahagiaannya ketika mendapat business trip ke kota Balikpapan, Kalimantan. Sudah lama kota Balikpapan masuk daftar daerah yang dikunjungi, sebelumnya dia pernah mendatangi kota Pontianak.

Sebelum berangkat ke Balikpapan, Tesya terlebih dahulu menghubungi sahabatnya di Balikpapan. Mengetahui hal tersebut, sahabat Tesya berjanji akan mengajak makan kepiting Balikpapan yang terkenal dengan kelezatannya.

“Pokoknya walau hanya dua hari, saya akan mengajak kamu makan kepiting di Balikpapan," ujar Tesya menirukan jawaban sahabatnya yang berbicara via telepon.

Hari yang dinanti telah tiba, Tesya terbang ke Balikpapan menggunakan pesawat Garuda Indonesia. Butuh waktu 2 jam 15 menit untuk terbang dari Jakarta ke Bandara Sepinggan, Balikpapan. Untuk penerbangan ke Balikpapan, Tesya telah mengantongi tiket pesawat Garuda Indonesia pulang-pergi seharga Rp. 2,6 Juta per orang. 

Jika ingin penerbangan berbiaya murah, Tesya menyarankan untuk memilih budget airline seperti Citilink. Sebagai anak perusahaan Garuda Indonesia yang fokus pada low cost carrier (LCC), Citilink dapat menawarkan tiket sekitar Rp 1 Juta per orang (pulang-pergi) dan memberikan service yang ramah serupa dengan Garuda Indonesia.

Bagi para traveller maupun eksekutif muda yang melakukan business trip, menurut Tesya, ada 3 hal yang perlu diperhatikan sebelum ke Balikpapan;

1. Tempat Penginapan (Hotel)

Kota Balikpapan cukup populer di Indonesia sehingga memilih hotel berbintang 4-5 di Balikpapan cukup mudah. Menurut Tesya, dengan uang Rp 700 ribu - Rp 1 juta, anda sudah dapat menginap selama satu malam dihotel berbintang seperti Swiss-Belhotel, Novotel, Le Grandeur maupun Aston.

Hotel Novotel Balikpapan menjadi pilihan Tesya karena menu makan pagi yang lengkap mulai dari menu barat hingga oriental dan pemandangan pantai Balikpapan yang indah dari kamar. Pemandangan pantai Balikpapan ini, menurut Tesya, membuat dirinya semangat untuk fitness di gym Novotel.

"Saya menjadi semakin bersemangat dalam berolahraga, kapan lagi saya dapat berolahraga sambil melihat pemandangan laut yang indah?," jelas Tesya.

Terlalu mahalkah? Tidak masalah, anda juga dapat memilih hotel bintang 3 di Balikpapan dengan kisaran harga kamar Rp 500 ribu per malam, seperti Ibis Hotel, Fave Hotel, dan Swiss-Belinn.

2. Kuliner di Balikpapan

Kuliner menjadi hal yang wajib, soalnya ini menyangkut hajat hidup. Kuliner apa saja yang wajib Anda coba di Balikpapan pada kunjungan pertama Anda?

a. Nasi Kuning di Depot Miki

Karena pesawat tiba di Balikpapan saat pagi hari, Tesya diajak sahabatnya untuk mampirlah ke Depot Kopi Miki yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman.

"Warung kopi ini mengingatkan saya kepada kedai kopi di kota Medan. Ternyata kebiasaan warga Medan untuk kongkow-kongkow di warung kopi, ini juga sama dengan rutinitas pagi yang dijalankan oleh warga Balikpapan," ujar 

Nasi kuning yang dilengkapi dengan daging menu pas untuk sarapan pagi. "Rasanya enak karena dagungnya empuk dan lembut," jelas Tesya. Selain nasi kuning, Depot Miki juga menyediakan aneka kuliner lainnya, seperti bubur Manado, nasi uduk, lontong sayur dan nasi tim.

b. Restoran Kepiting Kenari

Ini kuliner yang dijanjikan sahabat Tesya, restoran Kepiting Kenari lokasinya berdekatan dengan bandara. Karena ingin membawa pulang kepiting yang masih segar, Tesya sengaja mampir pada siang hari sebelum jadwal kembali ke Jakarta.

Menu terbaik restoran ini adalah kepiting dengan saus kenari. Rasa saus kenari ini seperti saus asam manis dengan rasa asam dan aroma jeruk yang kuat dan pastinya bisa membuat kita jadi ketagihan.

"Kami mencoba hampir semua rasa, namun favorit saya adalah yang plain, yaitu kepiting yang dimasak dengan bawang putih," cerita Tesya.

3. Tempat Yang Bisa Dikunjungi di Balikpapan

Karena merupakan kunjungan singkat ke Balikpapan, Tesya tidak sempat mampir ke tempat wisata. Namun jika Anda memiliki waktu untuk mengunjungi Balikpapan, terdapat berbagai tempat menarik untuk dikunjungi di sekitar pusat kota. Ini akan menambah koleksi foto dan cerita anda.

a. Hutan Bakau Margomulyo

Hutan Bakau (mangrove) Margomulyo dikenal sebagai “hutan kota”. Di dalamnya terdapat jembatan kayu dan menara intai yang dapat Anda gunakan untuk melihat pemandangan di sekitarnya. Hutan Bakau ini terletak 9 km dari pusat kota Balikpapan.

Siapkan kamera Anda, selain untuk mengabadikan keindahan alam, jika beruntung Anda dapat menjumpai burung kuntul dan monyet bekantan, monyet yang hanya hidup di hutan-hutan yang terdapat di Kalimantan.

b. Kompleks Ruko Bandar

Anda suka menikmatimatahari terbenam (sunset)? Balikpapan memiliki pemandangan matahari terebenam yang menawan. Duduklah di salah satu restoran tepi laut yang ada di Kompleks Ruko Bandar pada sore hari. Sambil menikmati makan malam atau camilan sore, Anda dapat melihat pemandangan matahari terbenam yang indah.

c. Pantai Melawai

Pantai Melawai berada di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan terletak di dekat Pelabuhan Semayang. Pada sore hari, pantai ini dipenuhi dengan pengunjung yang menikmati matahari terbenam dari Teluk Balikpapan.

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini