Sukses

5 Tips Menghadapi Rekan Kerja

Liputan6.com, Jakarta Dalam dunia pekerjaan, tak jarang Anda menemui rekan kerja yang cukup membuat Anda tidak nyaman. Walaupun tak dapat dipungkiri, masih banyak rekan kerja yang mampu membuat Anda nyaman dalam bekerja. Satu dari sekian banyak orang inilah yang dapat membuat kinerja Anda terganggu. Menghindar bukanlah menjadi jalan yang terbaik untuk menangani hal ini.

Dilansir dari Marie Claire edisi Juni 2014, berikut ini adalah lima upaya yang dapat Anda lakukan untuk menangani hal ini: (Cindy Melissa/Liz)

2 dari 6 halaman

1. Jangan Panik

  1. Jangan Panik

Untuk menangani masalah ini, tak perlu panik. Anggaplah, rekan kerja yang menyebalkan adalah bagian dari hidup dan pekerjaan Anda. Tetaplah konsentrasi dengan pekerjaan Anda dan tunjukkanlah kepadanya bahwa Anda tidak menganggapnya sebagai lawan dan Anda jauh lebih baik dari dirinya dalam arti positif.

 

3 dari 6 halaman

2. Jangan Terlibat Terlalu Jauh

2. Jangan Terlibat Terlalu Jauh

Anda tak perlu bersahabat dengan semua orang di kantor. Tetaplah bersikap ramah, sopan santun, dan saling menghormati satu sama lainnya. Tetaplah menjaga jarak secara sopan dengan rekan kerja Anda.Tak perlu melibatkan diri Anda dengan masalah yang mereka hadapi.

 

4 dari 6 halaman

3. Saling Memahami

  1. Saling Memahami

Dalam dunia bekerja, saling memahami satu sama lain akan menghindarkan diri Anda dari permasalahan. Jika terjadi masalah dengan diri Anda dari orang lain, cobalah untuk bertanya dengan sopan agar masalah tersebut tidak berangsur lama.

 

5 dari 6 halaman

4. Bersikap Profesional

  1. Bersikap Profesional

Jika dalam pekerjaan, mengharuskan Anda untuk berhubungan langsung dengannya maka tetaplah bersikap profesional. Tetaplah berpikir positif bahwa hubungan Anda dengan dirinya hanya sebatas pekerjaan dan tidak terlibat dengan masalah apapun. Dengan begitu, Anda dan rekan kerja dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

 

6 dari 6 halaman

5. Pelajari Sesuatu

  1. Pelajari Sesuatu

Jika Anda mampu mengendalikan emosi saat menghadapi rekan kerja, itu menandakan bahwa Anda jauh lebih dewasa dibandingkan orang lain. Permasalahan dengan rekan kerja anggaplah sebagai pembelajaran dalam hidup Anda agar dapat lebih baik dikemudian hari.