Sukses

Hiu Raksasa Ramaikan Festival Golden Week di Jepang

Festival Golden Week di Jepang tahun ini menghadirkan hiu raksasa 'Megamouth' dan berhasil mendapatkan perhatian masyarakat.

Liputan6.com, Tokyo Festival Golden Week atau yang disebut juga festival liburan musim semi di Jepang biasanya dirayakan para penduduk setempat dengan hanya menikmati es krim. Namun ada yang berbeda pada penyelenggaraan festival Golden Week tahun ini.

Seperti yang dilansir dari En.rocketnews24.com, Selasa (13/5/2014), perayaan festival Golden Week tahun ini yang dipusatkan di museum Shizuoka, Jepang menghadirkan potongan tubuh hiu raksasa Megamouth.

Hiu dengan panjang 4,4 meter dan seberat 667 kg itu sebelumnya ditemukan terdampar di pelabuhan terdekat. Padahal ikan tersebut jenis langka yang jumlahnya hanya sekitar 60 ekor di dunia.

Hal tersebut memancing ahli laut Profesor Universitas Tokai melakukan pembedahan di acara Golden Week, dan menjelaskannya pada pengunjung.

Tentu saja, pembedahan yang memakan waktu 4 jam ini mendapatkan perhatian sebanyak 1.500 pengunjung festival. Pada kesempatan tersebut, setiap orang dapat melihat secara detil organ ikan langka itu.

Bahkan untuk menghilangkan rasa penasaran, pengunjung diperbolehkan menyentuhnya. Sebenarnya mereka berharap dapat menemukan telur, untuk penjelasan organ reproduksi. Namun sayangnya mereka belum beruntung.

Lebih lanjut, Hiu Megamouth adalah seekor hiu bertubuh besar hingga 5,5 meter dan berat 1,2Kg. Dari namanya sudah bisa ditebak bahwa ikan ini bermulut sangat lebar, bahkan bisa sebesar 1,3 meter.

Meski tubuhnya raksasa, ikan ini bukan jenis yang ganas, ia biasa memakan plankton dan ubur-ubur. Ikan ini biasa berenang di kedalaman 100-200 meter. Jadi menjadi suatu hal yang tidak biasa jika ikan raksasa tersebut terdampar ke permukaan. (Ars/Liz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini