Sukses

Strategi FOX Channel Tingkatkan Jumlah Penonton Pay TV Indonesia

Indonesia memiliki potensial yang sangat luar biasa bagi bisnis operator televisi berbayar.

Liputan6.com, Bali Indonesia memiliki potensi yang sangat luar biasa bagi bisnis operator televisi berbayar. Sejak kemunculan First Media dan Indovision, yang disusul dengan Skynindo, Aora, Orange TV, hingga Nexmedia dan baru-baru ini K-Vision, penetrasi ini diperkirakan akan terus bertambah hingga 5 tahun mendatang.

Namun yang terpenting dari televisi berbayar adalah pillihan konten yang hendak ditonton. Berdasarkan perhitungan rating untuk Pay TV di Indonesia yang dipublikasikan oleh Nielsen mulai September 2013 lalu, saluran-saluran FOX International Channel (FIC) secara konsisten menjadi market leader. Diantaranya, FOX, National Geographic, Star World, Star Sports, FOX Movies Premium yang saluran berperingkat tertinggi di genrenya masing-masing. 

Salah satu contoh dari keberhasilan strategi inisiatif lokal yang dilakukan oleh FIC Indonesia adalah dengan mengakuisisi hak siar dari Badminton World Federation untuk secara eksklusif menayangkan 400 jam liputan langsung khusus untuk Indonesia. Pada perhelatan All England, Maret 2014 lalu, FIC menggandeng para legenda bulu tangkis Indonesia untuk promo on air serta melakukan liputan pertandingan langsung dengan komentator yang berbahasa Indonesia.

Hasilnya bukan saja Indonesia yang berhasil membawa pulang hasil yang fantastis dari 2 nomer andalan, namun rating saluran Star Sports yang menayangkannya juga mengalami peningkatan yang fantastis dari sebelumnya. 

Dengan kondisi demikian, diperkirakan dalam 3 tahun ke depan, FIC Indonesia telah memiliki proyeksi untuk berkembang 3 kali lebih besar dari saat ini. 

Penerapan strategi inisiatif lokal pada beberapa saluran pilihan ini juga membuka peluang-peluang lain seperti fleksibilitas jam tayang untuk menyesuaikan dengan primetime lokal, konten promo serta kesempatan sponsorship yang lebih terintegrasi dengan pasar lokal hingga kesempatan memproduksi sendiri acara untuk penayangan lokal. 

"Semua langkah ini diambil untuk menghasilkan tayangan-tayangan hiburan berkualitas global yang hadir dengan sentuhan citarasa lokal,” kata Cam Walker, Vice President, Territory Head FOX International Channels Indonesia dalam media gathering yang diadakan 4-6 April 2014 di Le Meridien, Bali.

FIC sendiri merupakan rumah bagi lebih dari 350 saluran televisi berbayar dan hadir di sekitar 1,4 miliar rumah di seluruh dunia dengan 50 lebih bahasa pengantar. Kawasan Asia Pasifik dan Timur Tengah dimana Indonesia termasuk di dalamnya memiliki sekitar 550 juta pelanggan. Di kawasan ini FIC mengembangkan, memproduksi dan mendistribusikan 37 merek saluran terkemuka yang termasuk di dalamnya nama-nama besar seperti FOX Movies Premium, FOX Crime, FOX Sports, National Geographic Channel, Star World, dan masih banyak lagi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.