Sukses

Akses Air Bersih untuk Desa-Desa di NTT lewat Solar Chapter

Proyek yang diberi nama "Water for Mbuit" tersebut digerakkan oleh gabungan mahasiswa Indonesia dari universitas di Amerika Serikat dan Indonesia, yaitu University of California Los Angeles dan Institut Teknologi Bandung.

Liputan6.com, NTT - Desa Mbuit, Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, NTT mengalami krisis air bersih. Masyarakat di desa tersebut terpaksa harus melintasi rute perjalanan yang berbahaya yaitu bukit terjal dan berbatu dengan jarak empat kilometer setiap hari hanya untuk mencapai sumber air bersih.

Untuk turut serta mengubah kehidupan warga Desa Mbuit, Yayasan Solar Chapter Indonesia bergerak dalam merealisasikan pilar pertama dari empat pilar Solar Chapter, yaitu penyediaan akses air bersih. Gerakan ini telah dilakukan sejak 2017 dan telah berhasil menghadirkan air bersih di lima desa, yaitu Desa Weimangoma, Sodana, Wekeke, Nanin, dan juga Kareka Nduku.

Pada 2023, misi Solar Chapter tidak hanya fokus di Desa Mbuit, namun juga diimplementasikan di empat desa lainnya, yaitu Desa Bisesmus, Boen, Tafuli, dan Golo Ketak.

Proyek yang diberi nama "Water for Mbuit" tersebut digerakkan oleh gabungan mahasiswa Indonesia dari universitas di Amerika Serikat dan Indonesia, yaitu University of California Los Angeles dan Institut Teknologi Bandung.

Tim Solar Chapter berasal dari multidisiplin yang berbeda-beda dari ahli teknik, desain, bisnis, hingga komunikasi, bekerja bahu-membahu untuk membantu warga Desa Mbuit.

Melinda Pudjo, Head of Corporate Communications & Sustainability PT ACE Hardware Indonesia Tbk berbagi semangat serupa. 

“Konsistensi ACE dalam mewujudkan akses air bersih bagi masyarakat di NTT merupakan wujud nyata dukungan ACE dalam peningkatan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat untuk berkontribusi dalam tujuan pembangunan berkelanjutan,” ujar Melinda.

Selain itu, Aily Chandra, selaku Direktur PT Vision Ease Asia yang juga merupakan bagian dari Hoya Corporation, mengungkapkan kebanggaannya terhadap proyek ini.

“Kegiatan ini adalah bentuk komitmen kami untuk menciptakan kehidupan yang lebih layak untuk masa depan yang lebih baik,” ucap Aily.

Proyek penyediaan air bersih ini merupakan kunci utama menuju Indonesia Merdeka Air. Pada tahun ini, Vision Ease dan ACE Hardware kembali memberikan dukungannya untuk mewujudkan misi kemanusiaan di Mbuit.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini