Sukses

Langkah Nyata Pemuda di Tuban Gotong-royong Bersih-Bersih Lingkungan saat Hari Kemerdakaan

Gerakan bersih pantai ini mewakili rasa peduli terhadap lingkungan, terutama dalam konteks pariwisata Tuban.

Liputan6.com, Tuban - Pada peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78, sekelompok pemuda bersemangat dengan latar belakang yang beragam berkumpul untuk menyatukan kepedulian mereka terhadap lingkungan dan pariwisata Tuban. Yayan Zhanuar, pemuda usia 24 tahun dan pengusaha kuliner pemilik DCemara Beach Resto & Cafe, bersama dengan Yogi Akbar Saleh dan Fatoni, pendiri akun pegiat media sosial Tuban Banget, berinisiatif melaksanakan aksi bersih sampah di Pantai Boom Tuban pada 17 Agustus 2023.

Aksi ini berawal dari saling sindir yang terjadi antara Yayan Zhanuar dan Tuban Banget, yang merujuk kepada keprihatinan mereka atas kondisi pariwisata Tuban yang tercemar oleh sampah dan minimnya perhatian terhadap kebersihan lingkungan.

Melalui akun Instagram Tuban Banget, undangan terbuka diajukan kepada 78 orang untuk turut serta dalam aksi bersih pantai ini. Namun, antusiasme yang meluap dari masyarakat Tuban terbukti dengan keterlibatan lebih dari 100 orang dalam kegiatan tersebut.

Menurut Yayan Zhanuar, gerakan bersih pantai ini mewakili rasa peduli terhadap lingkungan, terutama dalam konteks pariwisata Tuban. Ia berharap aksi positif ini akan meraih dukungan luas dari masyarakat, dengan rencana untuk melaksanakan kegiatan serupa di berbagai lokasi lain di Tuban.

Sebagai bentuk penghargaan terhadap hari bersejarah Indonesia, aksi bersih pantai dimulai dengan upacara bendera yang menggema di tepi pantai. Tindakan nyata pun dilanjutkan dengan pembersihan pantai sepanjang 200 meter.

"Kami ingin membangkitkan kesadaran bersama akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan demi kesejahteraan dan keindahan alam Tuban,” ucapnya.

Dengan berhasilnya aksi bersih pantai ini, kepedulian terhadap lingkungan dan perwujudan semangat kemerdekaan telah dirasakan oleh banyak pihak. Yayan Zhanuar, Yogi Akbar Saleh, dan Fatoni berharap bahwa tindakan nyata ini akan menjadi titik awal dari transformasi positif dalam menjaga keindahan alam Tuban dan mendorong perkembangan pariwisata yang lebih berkelanjutan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.