Sukses

Rekomendasi Menu Olahan Kale

Liputan6.com, Jakarta - Selain karena kandungan nutrisinya, kale juga banyak digemari karena teksturnya yang renyah hingga memberikan sensasi rasa yang unik saat memakannya.

Secara umum, kale merupakan sayuran dengan tekstur yang lebih keras dan kasar jika dibanding bayam dan selada. Sementara rasanya akan terasa sedikit pahit jika dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Namun pahitnya kale akan tersamarkan setelah dimasak. Jika dimasak dengan benar, kale dapat memiliki rasa yang enak dan gurih. Beberapa cara mengolah kale untuk membuatnya menjadi makanan yang enak adalah dengan menumis atau memanggangnya bersama bumbu dan berbagai rempah seperti bawang putih, cabai, dan lada hitam.

Kamu yang masih bingung bagaimana cara mengolah kale, berikut adalah beberapa rekomendasi menu olahan kale yang bisa masuk dalam daftar makanan sehat harian kamu.

 

 

2 dari 2 halaman

5 Menu Sehat dari Kale

1. Salad kale

Potong kale yang telah dicuci dan dikeringkan kecil-kecil, campur dengan bahan salad lain seperti selada, tomat, dan timun. Tambahkan dressing favorit kamu, seperti balsamic vinaigrette atau lemon juice.

2. Sup kale

Potong kale dan rebus bersama kaldu sayuran, bawang putih, jahe, dan bahan-bahan lain yang kamu suka, seperti wortel dan bawang bombay. Tambahkan bahan protein, seperti kacang-kacangan atau ayam, untuk sup yang lebih lengkap.

3. Kale chips

Potong kale menjadi potongan kecil, kemudian oven dengan sedikit minyak zaitun dan garam di suhu 150-175 derajat Celsius selama 10-15 menit. Kamu akan mendapatkan keripik kale yang gurih dan sehat.

4. Stir fry kale

Iris kale kecil-kecil, lalu tumis dengan bawang putih dan minyak wijen. Tambahkan bahan-bahan lain seperti wortel, buncis, atau tempe, dan berikan bumbu favorit kamu.

5. Smoothie kale

Blender kale bersama buah-buahan dan sayuran lain, seperti pisang, blueberry, bayam, dan kubis. Tambahkan air atau susu favorit kamu, seperti almond milk atau yogurt, dan minum sebagai sarapan atau camilan sehat.

Itu dia beberapa rekomendasi menu sehat olahan kale yang mungkin bisa kamu coba di rumah. Kamu juga bisa mencoba bereksperimen dan membuat menu lainnya dari kale.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.