Sukses

Ingin Bikin Taman Sendiri di Rumah? Perhatikan 5 Hal Penting Berikut, Ya

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat akan membuat taman sendiri di rumah, termasuk lokasi.

Liputan6.com, Jakarta - Membuat taman di lahan sempit memang butuh sedikit perjuangan. Namun bukan berarti tidak mungkin untuk mewujudkannya. Meski begitu, ada beberapa hal yang juga perlu Anda perhatikan saat memutuskan untuk membuat taman di rumah.

Mencari banyak referensi untuk jadi inspirasi saat akan membuat taman di lahan sempit memang dibutuhkan. Anda juga bisa menerapkannya dalam rencana.

Meski begitu, yang perlu diingat adalah tidak semua referensi yang Anda temukan bisa cocok untuk taman Anda. Jadi, setidaknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan sebelum memulai untuk membuat taman Anda sendiri.

Misalnya, furniture. Jika taman Anda terlalu sempit untuk menempatkan meja piknik, Anda bisa menggantinya dengan furniture lain yang lebih cocok.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membuat taman di rumah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan

1. Lokasi

Pilihlah lokasi yang terkena sinar matahari yang cukup, minimal 6 jam per hari. Pastikan juga lokasi tersebut mudah diakses dan dekat dengan sumber air.

2. Ukuran dan desain

Sesuaikan desain kebun dengan ukuran lahan yang tersedia. Pastikan Anda merencanakan tata letak tanaman dan jalan setapak agar tidak terlalu padat dan sulit diakses.

3. Tanah

Pastikan tanah di kebun Anda subur dan memiliki drainase yang baik. Jika tanah kurang subur, tambahkan pupuk organik dan kompos untuk memperbaikinya.

4. Pemilihan tanaman

Pilihlah tanaman yang sesuai dengan iklim, lokasi, dan kebutuhan air di daerah Anda. Pastikan juga tanaman yang dipilih sesuai dengan ukuran kebun Anda.

5. Penyiraman dan pemeliharaan

Tanaman perlu disiram secara teratur dan diberi pupuk untuk memastikan tumbuh dengan sehat. 

Itu dia lima hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memulai untuk membuat ruang terbuka yang cantik di rumah. Pastikan untuk menyesuaikan dengan kondisi lahan di rumah, ya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.