Sukses

Erupsi, Jalur Pendakian Gunung Raung Ditutup Sementara

Jalur menuju puncak Gunung Raung saat ini ditutup sementara setelah erupsi erupsi sejak Rabu (27/7/2022) petang.

Liputan6.com, Jakarta Erupsi yang terjadi di Gunung Raung Jawa Timur membuat petugas PPGA menutup sementara jalur pendakian.

Petugas PPGA Raung Burhan Alethea, terhitung sejak Kamis (28/7/2022) wisatawan atau masyarakat diminta untuk tidak mendekati puncak Gunung Raung karena berbahaya. 

Dia mengatakan, jalur menuju puncak Gunung Raung saat ini ditutup sementara setelah erupsi Gunung Raung pada Rabu (27/7/2022) petang. 

“Kami juga mengimbau para pendaki tidak berkema di sekitar puncak, bibir dan kaldera kawah Gunung Raung,”ujar Burhan, Kamis (28/7/2022).

Dia menjelaskan, larangan itu dilakukan untuk menghindari potensi bahaya gas-gas vulkanik Gunung Raung yang dapat membahayakan jiwa manusia.

“Jika gas vulkanik muncul dan terhirup itu sangat berbahaya. Maka dengan itu, kami meminta kesadarnya untuk sementara waktu tidak melakukan pendakian hingga kondisi aman,” tambah Burhan. 

Saksikan video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Abu Vulkanik

Seperti diinformasikan sebelumnya, Gunung Raung Kembali erupsi pada Rabu Petang kemarin. Gunung Raung mengeluarkan abu vulkanik berwarna coklat kelabu setinggi 1.500 meter dari atas puncak gunung.

Gunung setinggi 3.332 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu mengeluarkan abu vulkanik pada kurun waktu pukul 17.19-17.29 Wib. 

Akibat letusan itu, sejumlah rumah warga di Kecamatan Sumberjambe dan Ledokombo Jember terdampak hujan abu vulkanik di beberapa titik. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.