Sukses

Kerap Dibuang, Ini Manfaat Ampas Kopi yang Tak Banyak Orang Ketahui

Salah satu kegunaan yang tak banyak orang tahu adalah bisa menghilangkan bau di westafel.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi anda yang sering meminum kopi hitam di rumah setelah selesai sisa ampasnya pasti akan anda buang. Maka saat sekarang hal itu jangan anda lakukan lagi. Ampas kopi yang selama ini anda abaikan ternyata masih memiliki manfaat.

Berikut beberapa manfaat ampas kopi yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Mengusir Serangga

Ampas kopi dapat digunakan untuk mengusir serangga yang ada di rumah sebab bau yang menyengat dan juga terdapat senyawa yang menjadi racun bagi serangga.

Anda cukup menaburkan ampas kopi yang sudah dikeringkan pada tempat-tempat yang sering dilewati serangga.

2. Membersihkan Peralatan Masak

Peralatan masak yang telah digunakan terkadang untuk membersihkannya membutuhkan tenaga extra. Apalagi peralatan masak tersebut memiliki minyak dan berlemak.

Anda dapat menggunakan ampas kopi untuk mengatasinya. Letakkan ampas kopi dispon cuci piring kemudian gosokkan pada peralatan masak lalu bilas ampas kopi tersebut, maka minyak dan lemak membandel akan hilang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat lainnya

3. Menghilangkan Bau di Westafel

Biasanya westafel mengeluarkan bau tidak sedap, ampas kopi bisa menjadi solusinya. Caranya dengan memasukkan ampas kopi dalam lubang westafel yang mengelurkan bau setelah itu bau tidak sedap akan hilang

4. Scrub Kaki

Ampas kopi bisa juga digunakan untuk scrub kaki. campurkan 1/4 cangkir ampas kopi bekas, garam laut, dan minyak zaitun. Gunakan campuran ini sebagai scrub untuk memberikan perawatan yang bagus pada kaki.

5. Masker Wajah

Jika ingin bermaskeran dengan ampas kopi anda bisa mencampurkan 1/4 ampas kopi dengan satu sendok makan yogurt. Oleskan pada wajah dan leher dengan pijatan lembut, kemudian diamkan selama lima menit.

Setelah itu bilas dengan air hangat maka akan mendapatkan hasil kulit cerah dan lembut. Lakukan tidak lebih sekali atau dua kali seminggu.

6. Penghalus Bibir

Jika kamu memiliki bibir kering, campurkan sedikit ampas kopi dengan minyak kelapa. Oleskan pada bibir lalu bersihkan dengan waslap hangat agar mendapatkan hasil maksimal.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.