Sukses

Cegah Food Coma Saat Bekerja dengan Makan Siang Lebih Sehat

Salah satu penyebab seseorang menjadi mudah mengantuk setelah makan karena kandungan makanan yang tinggi akan kalori.

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah merasa mengantuk setelah makan siang? Bila iya, berarti mengalami food coma atau postprandial somnolence.

Itu adalah kondisi tubuh merasa lemas dan mengantuk karena sangat kekenyangan. Hal ini merupakan hal yang normal. Namun bila itu mengganggu produktivitas, maka ada kebiasaan yang perlu diubah.

Ahli diet dari Amerika Serikat Melissa Prest melalui Prevention menuturkan, salah satu penyebab seseorang menjadi mudah mengantuk setelah makan karena kandungan makanan yang tinggi akan kalori.

“Makanan yang tinggi akan kandungan karbohidrat, kalori, maupun gula akan memicu pelepasan hormon cholecystokinin (CCK) dari usus halus,” ujar Melissa.

Ia menambahkan, terdapat beberapa penelitian yang menunjukkan hubungan antara peningkatan CCK setelah makan makanan tinggi lemak dan timbulnya rasa mengantuk beberapa jam kemudian.

“Selain itu, makan dengan porsi besar juga memicu rasa lelah setelah makan. Karena semakin besar porsi makanan yang dikonsumsi, semakin besar energi yang dibutuhkan tubuh untuk mencerna makanan tersebut,” kata Melissa seperti dikutip dari Prevention.

Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan memilih menu makan siang yang tidak ribet, mengenyangkan, serta memiliki kandungan sayur dan buah yang baik untuk kesehatan.

Salad bisa jadi merupakan pilihan yang tepat! Kudapan yang berbahan dasar beragam sayuran dan buah, daging, ayam, hingga makanan berserat lainnya seperti biji-bijian, serta saus sebagai pelengkap kini semakin mudah dijangkau oleh masyarakat.

Ana (25), karyawan swasta di Jakarta Selatan, mengakui ia pernah mencoba mengkonsumsi makan siang yang kaya akan sayuran. Sebelumnya, Ana seperti kebanyakan orang lainnya, yaitu mengonsumsi makanan yang sarat dengan karbohidrat.

“Rupanya setelah mengonsumsi salad untuk makan siang secara teratur dengan porsi yang ideal membuat tubuh saya sehat dan bugar. Saya amati sejak rajin makan salad, saya jadi tidak mudah mengantuk di jam kantor setelah makan siang,” ujar Ana.

Meski tidak sempat membeli sendiri makan siang kesukaannya karena sibuk bekerja, Ana kerap memesan makanan melalui aplikasi layanan pesan makanan secara online.

“(Memesan makanan secara online) lebih praktis dan efisien waktu, jadi pekerjaan tidak terbengkalai. Selain itu, dalam aplikasi juga terdapat beragam pilihan, tinggal kita mau pilih yang mana. Yang pasti hindari karbohidrat” kata Ana.

Pada masa kini sajian salad sangat beragam bentuknya. Ada salad yang disajikan dalam mangkuk seperti salad pada umumnya, ada yang berbentuk roll. Isiannya pun bermacam-macam, mulai dari campuran sayuran segar dan potongan daging seperti daging sapi, ayam, salmon, hingga tuna yang dibalut dengan rice paper. Yang paling penting, jangan sampai ketinggalan dipping sauce nikmat sebagai pelengkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.