Sukses

2 UMK Unggulan Digandeng Pelindo Unjuk Gigi di Pameran Luar Negeri

Kehadiran kedua UMK tersebut di Indonesia Fair 2023 adalah lanjutan Program Inkubasi Usaha Pandu Gedor Ekspor yang merupakan program kolaborasi TJSL BUMN Pelindo bersama PT Sarinah (Persero).

Liputan6.com, Jakarta - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo berpartisipasi di ajang pameran Indonesia Fair 2023, di Bangkok,Thailand pada 25 sampai 27 Agustus 2023. Pada kesempatan itu, Pelindo memperkenalkan dua usaha menengah dan mikro (UMK) unggulan, yang terpilih sebagai champion Program Inkubasi Usaha Pandu Gedor Ekspor.

Menurut Manager Monitoring dan Pelaporan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT Pelabuhan Indonesia (Persero), Annisa Karimah yang mewakili Kepala Program TJSL Pelindo mengatakan, melalui pameran ini Pelindo memfasilitasi UMK binaan yang terpilih sebagai champion untuk memperluas pasar di luar negeri.  Kedua UMK tersebut, yaitu CV Agradaya dan Kunikita tampil dengan produk unggulan berorientasi ekspor.

Kehadiran kedua UMK tersebut di Indonesia Fair 2023 adalah lanjutan Program Inkubasi Usaha Pandu Gedor Ekspor yang merupakan program kolaborasi TJSL BUMN Pelindo bersama PT Sarinah (Persero).

“Pelindo membiayai penuh Program Inkubasi bagi UMK binaan maupun UMK baru perusahaan sementara PT Sarinah (Persero) mendukung dari sisi materi pelatihan melalui kurikulum Pandu untuk meningkatkan kemampuan UMK sehingga berorientasi ekspor,” ujar Annisa dalam keterangan tertulisnya.

Group Head Sekretariat Perusahaan PT Pelabuhan Indonesia (Persero), Ali Mulyono menjelaskan Program Inkubasi Usaha Pandu Gedor Ekspor diselenggarakan dalam dua batch, yakni di Jakarta dan Bali. Program ini didesain untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas pelaku UMK dalam menjaring pasar di luar negeri.

Lewat program ini, para pelaku UMK yang lolos proses kurasi mengikuti berbagai pelatihan seperti peningkatan nilai produk, literasi keuangan, perlindungan merek, branding, serta perluasan akses pemasaran.

“Upaya perluasan akses pemasaran ke luar negeri, salah satunya dilakukan dengan keikutsertaan mereka di pameran-pameran berskala internasional, seperti Indonesia Fair 2023 ini,” kata Ali Mulyono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini