Sukses

Teknologi Ortodontik Mutakhir dengan Teknik dan Perawatan Revolusioner

Alat ortodontik yang lebih baik makin marak digunakan dengan menggunakan teknologi baru clear aligners yang berkembang pesat dalam dua dekade terakhir.

Liputan6.com, Jakarta - Dulu, perawatan ortodontik berarti memakai kawat gigi logam selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun yang bisa mempengaruhi fungsi bicara dan makan. Selain itu, hanya anak-anak yang melakukan perawatan ortodontik karena orang dewasa merasa tidak percaya diri dan tidak nyaman saat menggunakan kawat gigi.

Pada saat ini, karena peningkatan kebutuhan akan estetika yang lebih baik dan jumlah orang dewasa yang membutuhkan perawatan ortodontik meningkat, digunakan alat ortodontik yang lebih baik yaitu teknologi baru clear aligners yang berkembang pesat dalam dua dekade terakhir.

Meskipun terapi clear aligners tergolong baru, konsep merapikan gigi menggunakan alat lepasan sudah diperkenalkan sejak tahun 1945 oleh Harold Dean Kesling, yaitu ‘positioner’ gigi yang digunakan dalam fase finishing dan retention. Dengan kemajuan teknologi, perangkat ortodontik menjadi lebih mudah dirancang dan diproduksi sehingga berfungsi lebih akurat.

Teknik clear aligners yang ada saat ini dikembangkan dari prinsip-prinsip Kesling dengan kombinasi teknologi masa kini. OneSmile Aligners menggunakan dasar tersebut dan membawa perawatan clear aligners ke tingkat yang lebih tinggi. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Teknologi AI

Clear aligners dari OneSmile dirancang untuk dipakai selama 22 jam sehari. Satu set aligners dapat dipakai selama 7 hari, untuk kemudian diganti dengan set aligners tahap berikutnya. Setiap minggu, pergerakan gigi pasien akan dipantau dan dievaluasi melalui aplikasi DentalMonitoring. Dengan sistem berbasis AI atau artificial intelligence, aplikasi ini memungkinkan pasien melakukan pemeriksaan virtual dengan ortodontis kapan saja dan di mana saja.

"Cukup menggunakan handphone, pasien dapat melakukan kontrol pergerakan giginya melalui scan gigi dan mengirimkannya melalui aplikasi. Dengan teknologi AI yang canggih, sistem DentalMonitoring dapat mendeteksi pergeseran gigi dan merekam progres perawatan gigi pasien dengan lebih akurat dibandingkan hanya dengan kontrol kasat mata saja. Aplikasi ini membantu dokter untuk melihat apakah pergerakan gigi pasien sudah sesuai dengan perencanaan atau tidak dengan membandingkan hasil scan dari minggu ke minggu," papar drg. Merry A. Marcella, MSc, dokter gigi dari OneSmile, melalui keterangan, Senin (27/3/2023)..

Perawatan clear aligners tersebut membawa revolusi besar dalam perawatan ortodontik dalam hal teknologi, efisiensi dan kenyamanan pasien. Pasien ditangani oleh ortodontis global bersertifikat dan mendapatkan perawatan clear aligners dengan teknologi terbaru. Dibuat dengan desain aligners yang presisi dan dicetak oleh printer 3D resolusi tinggi, dengan kontur yang halus dan menghasilkan gaya konstan pada gigi dengan lembut sehingga pergerakan gigi lebih optimal.

Akses 24/7 dengan dokter melalui sistem aplikasi mempermudah pasien melakukan kontrol perawatan kapan pun dan di mana pun. Perjalanan merapikan gigi menjadi lebih nyaman dan cepat serta estetik menggunakan clear aligners.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.