Sukses

Aktivitas Ini Bisa Kurangi Sakit Kepala Saat Menstruasi

Liputan6.com, Jakarta - Sakit kepala saat menstruasi memang sangat mengganggu. Namun, masalah ini bisa diatasi dengan berbagai cara sederhana yang dapat mengurangi rasa sakitnya. 

Sakit kepala saat menstruasi biasanya terjadi karena hormon. Tetapi di beberapa kasus, masalah ini juga bisa terjadi karena banyaknya darah menstruasi yang keluar. 

Ini menyebabkan seseorang kehilangan banyak zat besi. Akibatnya, aliran oksigen ke otak berkurang dan timbul sakit kepala.

Meski begitu, tidak semua wanita mengalami sakit kepala di setiap periode bulanannya. Sementara sebagian wanita mengalami situasi ini hampir di setiap menstruasinya.

Buat kamu yang kerap mengalami kondisi ini, kamu bisa mencoba beberapa cara mengurangi sakit kepala saat menstruasi seperti berikut.

 

2 dari 3 halaman

10 Cara Mengurangi Sakit Kepala saat Menstruasi

1. Istirahat cukup

Cobalah untuk tidur yang cukup dan hindari begadang. Kurang tidur dapat memperburuk sakit kepala.

2. Olahraga ringan

Olahraga ringan seperti berjalan kaki atau yoga dapat membantu mengurangi sakit kepala dan meningkatkan peredaran darah.

3. Konsumsi makanan sehat

Konsumsi makan makanan yang sehat seperti buah-buahan, sayuran, dan sumber protein yang sehat.

4. Kelola stres dengan baik

Stres dapat memperburuk sakit kepala. Cobalah untuk melakukan kegiatan yang menenangkan seperti meditasi atau pijat.

5. Konsumsi obat penghilang nyeri

Bila sakit kepala tidak dapat diatasi dengan cara di atas, cobalah untuk mengonsumsi obat penghilang nyeri seperti parasetamol atau ibuprofen. Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau apoteker sebelum mengonsumsi obat-obatan tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

6. Periksa kadar hormon

Jika sakit kepala terjadi secara teratur setiap kali menstruasi, bisa jadi itu adalah gejala dari gangguan hormon. Konsultasikan dengan dokter untuk memeriksa kadar hormon dan menentukan pengobatan yang tepat.

7. Kompres dingin

Untuk membantu meredakan sakit kepala saat menstruasi, kamu bisa mengompres area leher atau kepala yang nyeri dengan kompres dingin.

8. Batasi konsumsi makanan dan minuman tertentu

Batasi konsumsi kafein, alkohol, makanan dengan MSG dan makanan kandungan tyramine tinggi, seperti alpukat, pisang, ikan asap, cokelat, dan buah kering. Makanan dan minuman tersebut juga dapat memicu sakit kepala.

9. Kurangi konsumsi garam

Mengurangi sakit kepala saat menstruasi juga bisa dilakukan dengan mengurangi asupan garam. Mengonsumsi garam secara berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah yang memicu munculnya sakit kepala.

10. Konsumsi suplemen magnesium

Kamu juga bisa mengonsumsi suplemen magnesium untuk mengurangi sakit kepala saat menstruasi. Tapi, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, ya!

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika sedang mengalami sakit kepala saat menstruasi. Untuk menghindari masalah ini, kamu bisa mulai untuk mengonsumsi makanan sehat dan rajin berolahraga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.