Sukses

Yuk, Atasi Marah dengan 8 Tips Jitu Ini

Mengekspresikan perasaan adalah sesuatu yang wajar. Bahkan dalam batasan tertentu, perasaan kesal yang berujung pada marah bisa menjadi wajar. Namun, beberapa orang mungkin merasa kesulitan untuk mengelola emosi.

Liputan6.com, Jakarta - Marah menjadi bentuk ekspresi seseorang saat menghadapi berbagai faktor. Meski begitu, marah berlebihan bisa mengganggu kesehatan fisik dan mental. Untuk menghindarinya, mulailah untuk belajar mengelola emosi.

Mengekspresikan perasaan adalah sesuatu yang wajar. Bahkan dalam batasan tertentu, perasaan kesal yang berujung pada marah bisa menjadi wajar. Namun, beberapa orang mungkin merasa kesulitan untuk mengelola emosi.

Jika tidak bisa mengelola emosi dengan baik, ledakan amarah bisa berdampak pada banyak hal, bahkan bisa merugikan orang lain. Namun yang paling penting, marah yang tidak dikelola bisa mengakibatkan seseorang terserang berbagai penyakit, termasuk kardiovaskular.

Jadi, sebelum amarah meledak, ada baiknya untuk mengatasi marah dengan berbagai tips jitu seperti berikut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

8 Tips Mengatasi Marah

1. Tenangkan diri

Ketika merasa marah, sebaiknya hentikan aktivitas atau diskusi yang sedang dilakukan, dan tarik nafas dalam-dalam beberapa kali. Hal ini bisa membantu menenangkan diri dan memungkinkan kamu untuk memikirkan situasi secara lebih rasional.

2. Identifikasi perasaan dan penyebab marah

Cobalah untuk mengidentifikasi perasaan dan penyebab kamu marah. Hal ini bisa membantu memahami situasi secara lebih baik dan menemukan cara terbaik untuk menyelesaikannya.

3. Gunakan kata-kata yang tepat

Cobalah untuk mengungkapkan perasaan marah kamu dengan kata-kata yang tepat dan jelas. Hindari penggunaan kata-kata yang kasar atau mengancam, karena hal ini bisa memperburuk situasi.

4. Cari solusi yang konstruktif

Daripada hanya merasa marah, cobalah untuk mencari solusi yang konstruktif untuk masalah yang sedang dihadapi. Diskusikan alternatif solusi dan cari tindakan yang bisa membantu menyelesaikan masalah.

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

5. Olahraga

Berolahraga secara teratur dapat membantu mengurangi stres dan perasaan marah. Hal ini karena olahraga dapat meningkatkan kadar endorfin, hormon yang membuat kamu merasa bahagia dan nyaman.

6. Berbicara dengan orang yang bisa dipercaya

Cobalah untuk berbicara dengan teman, keluarga, atau profesional kesehatan mental jika kamu merasa kesulitan mengatasi perasaan marah. Mereka bisa membantu memberikan perspektif baru dan saran yang berguna.

7. Gunakan teknik relaksasi

Cobalah untuk menggunakan teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau pernapasan dalam untuk membantu menenangkan diri dan mengatasi perasaan marah.

8. Hindari situasi yang memicu marah

Jika memungkinkan, hindari situasi atau orang yang sering memicu perasaan marah. Jika tidak, cobalah untuk mempersiapkan diri secara mental dan fisik sebelum menghadapi situasi tersebut.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kamu coba jika perasaan kesal dan marah kamu datang di beberapa situasi. Kamu juga bisa untuk mulai rajin olaharaga untuk mengurai perasaan kesal dan menghirup udara yang lebih bahagia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.