Sukses

Piala Dunia 2022: Jepang vs Kroasia, Samurai Biru Optimis Menang Usai Tundukkan 2 Raksasa Eropa

Liputan6.com, Jakarta - Laga Babak 16 Besar Piala Dunia 2022 akan mempertemukan Jepang vs Kroasia di Stadion Al Janoub, Qatar pada Senin {5/12/2022) pukul 22.00 WIB. Samurai Biru--julukan Jepang--optimis menang usai menundukkan 2 raksasa Eropa, Jerman dan Spanyol di fase grup.

Meski sempat kalah dari Kosta Rika, tapi Jepang sukses meraih poin penuh atas Jerman dan Spanyol di Grup E, Piala Dunia 2022. Dalam laga melawan kedua tim raksasa Eropa itu, tim Samurai Biru berakhir dengan skor 2-1, kemenangan untuk Jepang.

Kini Jepang menempati puncak klasemen Grup E dan akan melawan runner up dari Grup F, Kroasia. Berhasil mengumpulkan 6 poin, tak membuat Jepang gentar untuk menghadapi kesebelasan Eropa dalam laga malam ini.

Pasalnya, Asano dan kawan-kawan dapat membuktikan di mata dunia akan kegigihan tim Samurai Biru di hadapan penggemar mereka. Kendati demikian, Kroasia pun memiliki target yang sama di babak 16 besar Piala Dunia edisi kali ini.

Kroasia berhasil membukukan 5 poin di fase grup, meriah kemenangan satu kali kontra Kanada dan imbang dua kali atas Maroko dan Belgia. Sedangkan, Maroko bertengger di posisi teratas klasemen Grup F, Piala Dunia 2022.

Duel hidup mati Jepang vs Kroasia ini diprediksi akan terjadi jual beli serangan antara kedua kesebelasan. Selain itu, kedua kesebelasan pastinya dalam performa terbaik mereka untuk memperebutkan tiket ke babak perempat final.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Analisis Pra-pertandingan Jepang vs Kroasia

Laga kali ini merupakan kali ketiga Jepang bertemu Kroasia di semua edisi Piala Dunia. Tim Samurai Biru belum pernah sekalipun meraih kemenangan melawan Kroasia.

Jepang sempat mengalami kekalahan 0-1 atas Kroasia pada Piala Dunia 1998 dan bermain imbang pada Piala Dunia 2006. Kedua laga tersebut terjadi di fase grup Piala Dunia sebelumnya.

Kendati belum meraih kemenangan di dua edisi Piala Dunia, kini Jepang tak sama seperti dulu. Pasalnya, tim Samurai Biru telah berhasil menumbangkan Jerman dan Spanyol di Piala Dunia 2022.

Dengan itu, besar kemungkinan Jepang dapat meraih tiket ke babak perempat final Piala Dunia 2022 dengan permainan ciamik mereka. Sedangkan Kroasia, kini berada dalam krisis pemain, banyak pemain senior yang diturunkan dan kurang dalam sisi regenerasi.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS