Sukses

Peringati Ulang Tahun Pemuda Panca Marga Ke-41, Ratusan Anggota Ormas di Jateng Ikuti Gerak Jalan

Mengusung tema Napak Tilas Perjuangan, lomba gerak jalan antar-OKP (Ormas Pemuda) se-Jawa Tengah tersebut mengambil start di halaman Balai Kota Semarang.

Liputan6.com, Semarang - Ratusan anggota organisasi masyarakat (ormas) se-Jawa Tengah mengikuti kegiatan lomba gerak jalan, Sabtu (12/3). Kegiatan tesebut digelar dalam rangka ulang tahun Pemuda Panca Marga (PPM) ke-41 tahun. Mengusung tema Napak Tilas Perjuangan, lomba gerak jalan antar-OKP (Ormas Pemuda) se-Jawa Tengah tersebut mengambil start di halaman Balai Kota Semarang.

Terlihat ada ratusan orang dari 22 ormas yang ada di Jawa Tengah, berkumpul di halaman kantor wali kota Semarang, menyambut antusias atas kegiatan pada pagi hari tersebut. Menginggat kegiatan ini menjadi acara pertama kali yang dilakukan dalam massa yang cukup besar, setelah dua tahun selama pandemi Covid-19 tidak ada kegiatan yang digelar di Kota Semarang. Seiring dengan menurunnya khasus Covid-19 Pemerintah Kota Semarang sudah memberikan kelonggaran kegiatan masyarakat.

Pemkot Semarang memberikan izin penyelenggaraan kegiatan yang bersifat massal berupa lomba gerak jalan dalam rangka ulang tahun ormas PPM. Sebanyak 22 OKP mengikuti lomba gerak jalan yang diberangkatkan dari halaman kantor Wali Kota Semarang.

Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita G Rahayu ikut mengibarkan bendera start dalam lomba ini. Menurutnya kegiatan lomba seperti ini boleh dilakukan karena berada di luar ruangan dan tidak berkerumun serta tetap menjaga protokol kesehatan. Tidak hanya itu, ia menyambut baik kegiatan ini, guna tetap menjaga imun tubuh dengan rajin berolahraga sehingga terbentuklah kesehatan tubuh yang terjaga.

"Mudah-mudahan ini bisa menambah imun karena gerak jalan," kata Ita sapaan akrab Hevearita G Rahayu.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Acara Dibuka oleh Kasdam IV Diponegoro

Lomba gerak jalan ini dibuka oleh Kasdam IV Diponegoro, Brigjen TNI Parwito. Selain PPM, ormas peserta dalam lomba gerak jalan ini antara lain FKPPI, Pemuda Pancasila, Banser dan Tunas Patria 217. Peserta menempuh jarak kurang lebih lima kilometer melalui jalan Pemuda, Pandanaran, Simpang Lima, Gajahmada dan kembali ke Balai Kota Semarang.

Senada dengan Wakil Wali Kota Semarang, Brigjen TNI Parwito mengatakan mendukung kegiatan ini karena selain olahraga juga untuk menjalin silahturahmi antar-ormas. Ia berharap di perayaan ulang tahun ini, PPM semakin guyub, solid, dan dapat berkiprah dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan Negara Kkesatuan Republik Indonesia.

"Ini kegiatan yang sangat bagus. Di samping menjaga kesehatan kita, juga mempererat lagi silahturahmi antar-ormas dan OKP dengan Pemuda Panca Marga yang ada di Provinsi Jawa Tengah ini," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Brigjen TNI Parwito juga membacakan sambutan dari Pangdam IV Diponegoro. Ia mengatakan ormas harus bisa saling menjaga kebersamaan agar persatuan bangsa dapat dipelihara. Selain itu juga saling bahu membahu dalam menyikapi permasalahan.

Dijelaskannya pada kenyataan dewasa ini negara menghadapi ujian berat. Masih ada pihak yang berusaha merusak kerukunan hidup bangsa. Oleh sebab itu perlu menumbuhkan sikap saling menghormati, dan menghargai antar-sesama.

 

 

3 dari 3 halaman

Daftar Pemenang

Di akhir sambutan, Pangdam IV Diponegoro mengucapkan dirgahayu Pemuda Panca Marga. Ia berharap keluarga besar PPM dapat menciptakan iklim yang kondusif. Selain itu keberadaan PPM dapat menetralisir provokasi dan mencegah masyarakat bertindak destruktif.

Dalam akhir acara, panitia acara menyebutkan beberapa pemenang lomba gerak jalan antar-OKP se-Jawa Tengah, di antaranya :

- Juara Tim Total Terbaik : Pemuda Pancasila (Trophy Gubernur Jateng)

- Juara Tim Tercepat : Resimen Yudha Putra Kab. Semarang (Trophy Pangdam IV Diponegoro)

- Juara Tim Tertib Rapi : Kokam (Trophy Kapolda)

- Juara Tim Favorit Masyarakat : Resimen Yudha Putra 2 (Trophy Walikota Semarang)

- Juara Tim Paling Semangat : Tunas Patria 217 (Trophy Ketum PP PPM)

- Juara Kostum Terbaik : Perwaris (Trophy Ketua PD PPM)

- Juara Tim Kreatif : Satria (Trophy LVRI)

- Juara Tim Santun Ramah : FKPPI (Trophy DPD RI)

- Juara Tim Komandan Regu Terbaik : Taruna Merah Putih

- Juara Tim Lansia Terbaik : Forkommas

Tidak hanya piala penghargaan yang diberikan kepada pemenang, tetapi juga ada uang pembinaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini