Sukses

Imam Besar Arab Saudi: Tiru Nabi Muhammad, Hanya 1 Kali Berhaji

Kesempatan harus diberikan kepada umat muslim yang baru pertama kali berhaji.

Imam Besar Arab Saudi Sheikh Abdul Aziz Al-Asheikh meminta umat muslim hanya sekali menunaikan ibadah haji. Kesempatan harus diberikan kepada umat muslim yang baru pertama kali berhaji.

Sehingga, bagi umat Muslim yang sudah pernah berhaji untuk tidak lagi datang ke Tanah Suci untuk menunaikan rukun Islam ke-5 tersebut. Abdul Aziz Al-Asheikh menyarankan agar umat muslim yang telah menunaikan ibadah haji untuk menyumbangkan uangnya kepada mereka yang membutuhkan.

"Nabi Muhammad (SAW) hanya sekali melaksanakan haji. Muslim harus mengikuti aturan tersebut dan membuat haji lebih mudah untuk semua orang," kata Abdul Aziz Al-Asheikh di Mekah, sebagaimana dikutip Arab News, Kamis (10/10/2013).

Dia menekankan bahwa kewajiban berhaji bagi seseorang dicapai dengan melakukannya sekali dalam seumur hidup. Tidak ada kewajiban untuk mengulang ibadah haji itu, terutama di tahun-tahun sekarang ketika banyak peziarah datang dari berbagai belahan dunia untuk berhaji. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.