Sukses

Anak Dalam Fase MPASI, Ortu Perlu Perhatikan Ini Sebelum Melakukan Mudik Lebaran

Oorangtua disarankan untuk menyiapkan bahan makanan hingga waktu pemberian MPASI sebelum melakukan perjalanan.

Liputan6.com, Jakarta- Ketika berencana mudik bersama anak yang dalam fase mengonsumsi makanan pendamping air susu ibu (MPASI), orangtua disarankan untuk menyiapkan bahan makanan hingga waktu pemberian MPASI sebelum melakukan perjalanan.

Seperti disampaikan dokter spesialisanak Nasitti Kaswandani, orangtua perlu membuat perencanaan yang baik.

"Pertama, harus dari awal melakukan perencanaan yang baik, persiapan MPASI harus direncanakan. Kalau lagi dalam perjalanan waktu di jalan makannya apa, bagaimana menyiapkannya, apakah ada area untuk menyiapkan atau beli bahan makanan, itu harus diperhatikan," kata dokter dari RSUPN dr Cipto Mangunkusumo Jakarta, dilansir Antara.

Pemudik yang melakukan perjalanan mudik melalui jalur darat, kata Nastiti, mesti mengantisipasi risiko kemacetan lalu lintas kendaraan. Oleh karenanya dianjurkan menyiapkan MPASI untuk anak dari rumah.

Memperhatikan penyimpanan makanan atau bahan makanan juga makanan untuk MPASI juga penting dilakukan selama perjalanan mudik lebaran.

Nastiti menyarankan pemudik membawa kotak pendingin untuk menyimpan bahan makanan untuk meminimalkan risiko kerusakana makanan.

"Bawa cool box untuk memastikan bahan makanan terjaga dengan baik, atau bawa alat masak sederhana yang bisa menghangatkan dan mengolah makanan, misal rice cooker kecil," katanya.

Dia menambahkan, penyiapan alat masak sederhana akan memudahkan orangtua menyiapkan MPASI hangat untuk anak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beli Bahan Segar MPASI Jika Memungkinkan

Selama mudik, orangtua bisa membeli bahan makanan segar untuk menyiapkan MPASI anak jika memungkinkan.

"Kalau mudik di area yang dekat pasar, bisa beli bahan makanan sehat akan lebih baik karena menyiapkan makanan anak baik kalau dalam kondisi fresh," katanya.

Menurutnya tetap penting untuk memperhatikan pola makan anak selama perjalanan mudik yang bisa memakan waktu sampai berjam-jam.

Orangtua juga disarankan mengusahakan anak bisa makan atau mengonsumsi MPASI pada waktu yang sama guna menghindari masalah kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.