Sukses

Ibu Hamil Ingin Mudik Lebaran, Penting Persiapkan Hal Ini

Kondisi lain yang perlu diperhatikan sebelum ibu hamil melakukan mudik adalah melihat kondisi bayi jika ada keadaan yang kurang baik karena air ketuban ibu yang kurang.

Liputan6.com, Jakarta - Ibu hamil boleh melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. Namun, dokter spesialis kebidanan dan kandungan RS Pusat Pertamina dr Erwinsyah H. Harahap Sp.OG mengatakan, ibu hamil harus mempersiapkan beberapa hal, salah satunya memeriksakan diri dan kondisi janin terlebih dahulu.

"Sebaiknya melakukan pemeriksaan terhadap janinnya, dilihat kondisi perkembangan janin apakah ada kelainan atau enggak, dari plasenta ibu, sering kontraksi atau tidak, karena pada perjalanan yang tidak dianjurkan ibu yang pendarahan," kata Erwinsyah di Jakarta, dilansir Antara.

Ibu hamil yang sering mengalami kontraksi, kata Erwinsyah, berisiko melahirkan secara prematur. Maka dari itu, disarankan agar pada kondisi ini ibu hamil tidak melakukan perjalanan karena dikhawatirkan bisa terjadi kelahiran prematur dalam perjalanan.

Kondisi lain yang perlu diperhatikan sebelum melakukan mudik adalah melihat kondisi bayi jika ada keadaan yang kurang baik karena air ketuban ibu yang kurang.

Kondisi kurangnya air ketuban karena ibu kurang cairan, maka itu dokter menyarankan untuk menghindari perjalanan jauh jika menemukan kondisi tersebut.

Selain itu, Erwinsyah mengatakan pertimbangkan jarak tempuh perjalanan ke kota tujuan mudik Lebaran. Biasanya ibu hamil harus istirahat setiap dua jam sekali untuk buang air kecil atau meluruskan kaki agar tidak kram.

"Kemudian tahu rest area di mana saja area yang bisa berhenti, karena pada saat kita nggak tahu tapi ingin buang air kecil tidak menemukan rest area itu akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi ibu, jadi ibu harus tahu," kata Erwinsyah. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Persiapkan Bekal Makanan Mudik

Hal yang tak kalah penting untuk dipersiapkan ketika ibu hamil akan mudik yakni makanan dan camilan selama perjalanan jauh. Konsumsi makanan protein tinggi, rendah lemak dan karbohidrat sesuai berat badan ibu agar tidak berlebihan.

"Kayak ayam, ikan, telur kemudian sayur-sayuran juga karena untuk kelancaran dan permudah buang air besar, jadi nyaman, di samping protein sayur-sayuran juga penting," sebutnya.

Persiapkan juga beberapa dokumen yang dibutuhkan seperti surat keterangan layak melakukan perjalanan dari dokter kandungan bagi ibu hamil yang harus melaksanakan mudik menggunakan transportasi umum seperti kereta atau pesawat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.