Sukses

Ada 300 Tiket Pelni Gratis Buat Pemudik dari Makassar ke Labuan Bajo, Mau?

Latar belakang Program Tiket Gratis Angkutan Lebaran 2024 untuk menekan angka kecelakaan peserta mudik, lebih khusus yang menggunakan moda transportasi darat.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar gembira bagi pemudik dengan tujuan Labuan Bajo dari Makassar. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebar 300 tiket kapal PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) (Pelni) gratis pada Lebaran 2024. Tiket gratis ini untuk perjalanan arus mudik Makassar ke Labuan Bajo dan arus balik Labuan Bajo ke Makassar.  

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Labuan Bajo Stephanus Risdiyanto mengatakan, tiket gratis Pelni sebanyak 300 buah itu akan disebar untuk balik lintas Labuan Bajo-Makassar pada 21 April 2024 melalui Program Tiket Gratis Angkutan Lebaran 2024.

"Dari Makassar juga ada yang mudik 6 April 2024 kemudian dari sini (Labuan Bajo) ke Makassar itu sebanyak 300 tiket gratis," kata Stephanus Risdiyanto di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, dikutip dari Antara, Minggu (24/3/2024).

Stephanus Risdiyanto menjelaskan program tersebut dilakukan bekerja sama dengan PT Pelni. Ia mengatakan pendaftaran mudik gratis hanya bisa dilakukan di loket Kantor Cabang Pelni dengan membawa identitas diri berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Sementara itu bagi penumpang keluarga, wajib menunjukkan Kartu Keluarga (KK). "Pendaftaran sudah dimulai kemarin dan akan ditutup jika kuota 300 penumpang habis," katanya.

Ia menambahkan latar belakang Program Tiket Gratis Angkutan Lebaran 2024 untuk menekan angka kecelakaan peserta mudik, lebih khusus yang menggunakan moda transportasi darat.

Di lain sisi, kata dia, melalui program tersebut pemerintah dapat membantu masyarakat dalam masa angkutan Lebaran. 

"Selain itu untuk memberikan pemerataan kepada seluruh wilayah Indonesia agar merasakan program pemerintah mudik gratis, salah satunya Labuan Bajo," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

8 Kapal Pelni Jayapura Siap Antar Pemudik di Lebaran 2024

Sebelumnya, pemerintah sudah menyiapkan sarana dan prasarana untuk menunjang arus mudik pada Lebaran 2024. Berbagai moda transportasi dan penunjang lainnya dicek dan disiapkan. Tak mau ketinggalan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Jayapura pun juga sudah bersiap menyambut arus mudik Lebaran 2024. 

Kepala Cabang Pelni Jayapura Nurul Azhar menjelaskan, Pelni Jayapura menyiapkan delapan kapal penumpang yang terdiri dari lima kapal putih dan tiga kapal perintis guna mengantisipasi lonjakan penumpang pada musim arus mudik Lebaran 2024.

Secara nasional PT Pelni menyiapkan 26 kapal penumpang dan 30 kapal perintis yang disebar seluruh Indonesia.

“Kami di Jayapura mendapatkan jatah delapan dimana lima kapal putih dan tiga kapal perintis untuk intra Papua,” katanya dikutip dari Antara, Sabtu (23/3/2024).

 Menurut Nurul, ke lima kapal tersebut yakni kapal Dobonsolo, Gunung Dempo,Cirimai, Labobar dan Sinabung yang mana akan berlangsung pada 26 Maret 2025 atau H-15 sedangkan untuk tiga kapal perintis masih menunggu petunjuk dari mekanik.

“Untuk itu diharapkan penumpang bisa melakukan pembelian tiket jauh hari atau langsung melalui via online,” ujarnya.

Dia menjelaskan selain persiapan kapal pihaknya juga telah menyiapkan posko di Kantor Pelni guna memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin melakukan mudik lebaran.

“Adapun langkah-langkah yang kami lakukan selain menyiapkan armada, memastikan kesiapan bahan bakar, serta juga menjamin seluruh kapal beroperasi sehingga tidak yang dalam perawatan,” katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya juga telah memprediksi jumlah penumpang kapal pada angkutan arus mudik maupun arus balik pada libur Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah mencapai 588.903 orang. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.