Sukses

Top 3 Islami: Benarkah Gerhana di Bulan Ramadhan Pembuka Kiamat? 5 Golongan yang Puasanya Sia-Sia Kata Buya Yahya

Gerhana yang sebenarnya peristiwa astronomi biasa itu juga dikaitkan dengan hari kiamat. Ada kelompok yang menghubungkan gerhana di bulan Ramadhan dengan awal kehancuran besar di bulan selanjutnya, Syawal

Liputan6.com, Jakarta - Dua gerhana yang akan terjadi pada Ramadan 2024 menjadi perhatian berbagai kalangan. Sebab, dua gerhana ini terjadi di bulan istimewa bagi umat Islam.

Bahkan, gerhana yang sebenarnya peristiwa astronomi biasa itu juga dikaitkan dengan hari kiamat. Ada kelompok yang menghubungkan gerhana di bulan Ramadhan dengan awal kehancuran besar di bulan selanjutnya, Syawal.

Ulasan mengenai benar dan tidaknya klaim tersebut menjadi artikel terpopuler di kanal Islami Liputan6.com, Senin (18/3/2024).

Artikel lain yang menyita perhatian adalah lima golongan yang puasanya sia-sia. Menurut Buya Yahya, puasa mereka tak berguna.

Sementara, artikel ketiga yaitu mengungkap sosok guru spiritual Gus Iqdam.

Selengkapnya, mari simak Top 3 Islami.

  

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Gerhana Sebagai Tanda Hari Akhir, Benarkah Pembuka Kiamat Terjadi pada Ramadhan? Kajian Hadis

Bulan Ramadhan tahun ini diwarnai dengan peristiwa astronomi istimewa, yakni dua gerhana yang diprediksi akan terjadi pada waktu berdekatan. Pertama adalah gerhana bulan, dan yang kedua adalah gerhana matahari.

Dua gerhana yang diperkirakan terjadi di bulan Ramadhan 1445 H yaitu gerhana bulan penumbra pada 24-25 Maret 2024 dan gerhana matahari total (GMT) pada 8 April 2024.

Apabila dikonversikan ke kalender Hijriyah, maka gerhana bulan terjadi pada 13-14 Ramadhan 1445 Hijriyah sedangkan gerhana matahari pada 28 Ramadhan 1445 Hijriyah.

Namun, sebagaimana dikutip dari laman brin.go.id, fenomena astronomi ini tidak melintasi wilayah Indonesia.

Dalam Islam, fenomena gerhana bukan sekadar fenomena astronomi biasa. Gerhana merupakan bukti kekuasaan dan kebesaran Allah SWT. Peristiwa gerhana ini tidak terlepas dari kuasa-Nya.

Dalam perspektif Islam, gerhana juga menjadi salah satu tanda kiamat yang disebut Rasulullah SAW, termaktub dalam hadis yang berderajat sahih dan kerap menjadi rujukan utama.

Dalam hadis yang diriwayatkan Imam Muslim, Rasulullah SAW menyebutkan 10 tanda kiamat. Dari 10 tanda kiamat ini tiga di antaranya adalah munculnya gerhana yang terjadi di tiga tempat.

Selengkapnya baca di sini

3 dari 4 halaman

2. 5 Golongan yang Puasanya Sia-Sia, Buya Yahya: Bisa Dikatakan Tidak Berguna

Ulama kharismatik sekaligus Pengasuh LPD Al Bahjah, KH Yahya Zainul Ma’arif alias Buya Yahya mengungkap golongan orang yang melaksanakan puasa tapi sia-sia. Buya Yahya mengatakan, orang yang termasuk golongan tersebut puasanya tidak ada maknanya. 

“Bisa dikatakan tidak berguna (puasanya),” kata Buya Yahya dikutip dari tayangan YouTube Buya Yahya, Ahad (17/3/2024).

Dalam kajian kitab Romadhoniat, Buya Yahya menyampaikan golongan pertama adalah orang yang berpuasa tapi masih berbohong. Ia menjadi saksi-saksi dusta dan tidak pernah meninggalkan pekerjaan yang ada kebohongan di dalamnya.

Golongan kedua adalah orang yang berpuasa tapi selalu menggunjing orang lain alias ghibah. Golongan ketiga ialah orang yang selalu mengadu domba. Misalnya, membagikan sesuatu di media sosial yang menjadikan orang bermusuhan.

“Share sesuatu menjadikan orang bermusuhan. Hari ini ribut orang. Bahasannya (kadang-kadang) urusan agama. Dinaikkan, diangkat, ramai hebat debat ustadz dengan ustadz. Seram. Masya Allah. Semuanya pengikut lihat komentar-komentarnya menghabiskan pahala puasa, caci maki semuanya,” tutur Buya Yahya.

Selengkapnya baca di sini

4 dari 4 halaman

3. Banyak yang Penasaran, Ternyata Ini Guru Spiritual Gus Iqdam

Popularitas Gus Iqdam terus melesat. Sebagai pendakwah muda, usianya baru 30 tahun, namanya begitu terkenal dari dalam hingga luar negeri.

Semua mengelu-elukannya sebagai idola, panutan dan guru. Banyak yang bertanya siapa guru spiritual-nya yang sesungguhnya?

Diketahui, Gus Iqdam pernah belajar di Pesantren Al Falah Ploso, Kediri, Jawa Timur, apakah guru spiritual ada diu tempat tersebut?.

Sudah menjadi kebiasaan atau tradisi, kesuksesan seseorang dikait-kaitkan dengan guru spiritualnya. Memang Gus Iqdam saat ini seolah menjadi dai yang sangat ditunggu oleh jemaahnya dimanapun berada.

Dalam sebuah pengajian, Gus Iqdam pernah berkisah tentang sosok guru spiritual Gus Iqdam yang sesungguhnya. Ia berani blak-blakan apa adanya karena beredar kabar banyak yang mengaku sebagai guru spiritualnya.

Selengkapnya baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.