Sukses

Top 3 Islami: Kenapa Waktu Kiamat Dirahasiakan? Perspektif Islam tentang Gerhana di Bulan Ramadhan

Artikel lain yang juga menyita perhatian pembaca adalah ulasan mengenai pertanyaan kenapa Allah menyembunyikan waktu terjadinya kiamat

Liputan6.com, Jakarta - Gerhana yang akan terjadi pada Ramadan 2024 ini cukup menyita perhatian publik. Dua gerhana tersebut yakni gerhana penumbra (bulan) dan gerhana matahari total (GMT).

Gerhana di bulan Ramadhan memang tak bisa teramati di Indonesia. Namun, isunya menjalar ke mana-mana.

Misalnya, soal gerhana yang menjadi tanda munculnya Imam Mahdi yang merupakan tanda kiamat.

Artikel mengenai pandangan Islam dalam melihat gerhana di bulan Ramadhan menjadi salah satu artikel terpopuler di kanal Islami Liputan6.com, Minggu (17/3/2024).

Artikel lain yang juga menyita perhatian pembaca adalah ulasan mengenai pertanyaan kenapa Allah menyembunyikan waktu terjadinya kiamat.

Sementara, artikel ketiga terpopuler yakni 50 inspirasi nama bayi Islami yang lahir di bulan Ramadhan.

Selengkapnya, mari simak Top 3 Islami.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Kenapa Allah Menyembunyikan Waktu Datangnya Hari Kiamat?

Tidak ada satupun makhluk Allah SWT yang mengetahui kepastian waktu datangnya kiamat. Bahkan makhluk Allah yang paling dekat dengan Allah saja tidak mengetahui kepastian perihal waktu datangnya hari akhir ini.

Dirahasiakannya waktu datangnya hari kiamat memberikan hikmah kepada manusia perihal salah satu dari beberapa perkara yang gaib ini.

Meskipun tidak mengetahui secara pasti datangnya hari kiamat, maka Allah SWT menginformasikan tanda-tanda telah dekatnya datangnya kiamat.

Informasi-informasi mengenai tanda-tanda kiamat inilah yang sejatinya harus menjadikan pelajaran dan peringatan kepada kita semua untuk mempersiapkan bekal sebaik-baiknya guna menyongsong kehidupan di akhirat kelak.

Selengkapnya baca di sini

3 dari 4 halaman

2. Perspektif Islam tentang 2 Gerhana yang Akan Terjadi pada Ramadhan 2024

Gerhana bulan akan terjadi pada Ramadan 2024 ini. Yang istimewa, gerhana ini terjadi dua jenis sekaligus, yakni gerhana bulan dan matahari.

Mengutip laman BRIN, dua gerhana yang diperkirakan terjadi di bulan Ramadhan 1445 H yaitu gerhana bulan penumbra pada 24-25 Maret 2024 dan gerhana matahari total (GMT) pada 8 April 2024.

Apabila dikonversikan ke kalender Hijriyah, maka gerhana bulan terjadi pada 13-14 Ramadhan 1445 Hijriyah sedangkan gerhana matahari pada 28 Ramadhan 1445 Hijriyah.

Melansir kanal Islami Liputan6.com, gerhana bulan adalah sebuah fenomena astronomi yang dapat diprediksi kapan terjadinya. Fenomena alam ini terjadi ketika sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi.

Salah satu jenis gerhana bulan adalah gerhana bulan penumbra. Gerhana bulan penumbra terjadi ketika ada sebagian cahaya matahari yang terhalang oleh bumi, dengan kata lain bulan masuk di bayangan penumbra Bumi. Akibatnya, bulan akan terlihat lebih redup dari saat purnama pada puncak gerhana terjadi.

Namun, sebagaimana dikutip dari laman brin.go.id, fenomena astronomi ini tidak melintasi wilayah Indonesia.

Dalam Islam, fenomena gerhana bulan penumbra bukan sekadar fenomena astronomi yang dapat dijelaskan secara ilmiah. Bagi orang beriman, gerhana bulan penumbra adalah bukti kekuasaan dan kebesaran Allah SWT. Peristiwa gerhana ini tidak terlepas dari kuasa-Nya.

Selengkapnya baca di sini

4 dari 4 halaman

3. 50 Inspirasi Nama Bayi Perempuan Lahir Bulan Ramadhan, Penuh Makna dan Doa

Nama bayi perempuan islami berikut ini cocok diberikan pada buah hati Anda yang akan lahir di bulan Ramadhan. Selain sebagai identitas diri, nama ini tentu saja juga menjadi harapan agar kelak sang putri menjadi sosok yang sholehah.

Kehadiran sang buah hati menjadi momen paling ditunggu bagi setiap orangtua sebab akan memberikan warna tersendiri dalam kehidupan rumah tangga.

Bagi Anda yang sedang menantikan kehadiran si kecil khususnya di bulan Ramadan 2024 ini, nama indah dan penuh makna tentu menjadi hal yang penting untuk dipersiapkan.

Memberi nama pada anak yang baru lahir bisa menjadi suatu dilema bagi orangtua. Ada banyak sumber yang dapat dijadikan referensi sebelum memberikan nama.

Mengutip dari laman merdeka.com, berikut adalah inspirasi nama bayi perempuan yang lahir di bulan Ramadhan, penuh makna dan doa. Semoga membantu!

Selengkapnya baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.