Sukses

Isi Khutbah Iblis di Hari Kiamat, Bikin Para Pengikutnya Menyesal!

Iblis akan menyampaikan khutbah ini kepada para pengikutnya di hari kiamat, berisi kesedihan dan penyesalan.

Liputan6.com, Jakarta - Kelak di hari kiamat iblis akan berkhutbah di hadapan para pengikutnya. Harapan sebagai umat muslim tentunya agar senantiasa berlindung kepada Allah SWT agar kita tidak menjadi orang yang merugi hari akhir nanti

Iblis memang menjadi godaan terberat bagi umat manusia sebab ia akan selalu menyesatkan dari jalan yang lurus. Ini bertujuan agar di akhirat kelak ia memiliki teman untuk ditempatkan di neraka.

Iblis disebut akan menyampaikan khutbah kepada para pengikutnya dan telah ditetapkan oleh Allah masuk ke dalam neraka jahannam.  Bahkan, khutbah iblis ini disebut sebagai khutbah yang paling menyentuh hati.

Lalu, bagaimana isi khutbah dari iblis? Simak ulasan selengkapnya merangkum dari laman merdeka.com.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Khutbah Iblis

Isi khutbah iblis di hadapan para pengikutnya di hari kiamat telah disebutkan oleh Allah SWT di dalam Al-Qur'an. Khutbah iblis ini disebut akan membuat para pengikutnya semakin bersedih dan sangat menyesal karena mengikuti perintah iblis yang menyesatkan. Hal ini seperti disebut dalam QS. Ibrahim:

"Dan berkatalah syaitan tatkala perkara (hisab) telah diselesaikan: 'Sesungguhnya Allah telah menjanjikan kepadamu janji yang benar, dan akupun telah menjanjikan kepadamu tetapi aku menyalahinya.

Sekali-kali tidak ada kekuasaan bagiku terhadapmu, melainkan (sekedar) aku menyeru kamu lalu kamu mematuhi seruanku, oleh sebab itu janganlah kamu mencerca aku akan tetapi cercalah dirimu sendiri.

Aku sekali-kali tidak dapat menolongmu dan kamu pun sekali-kali tidak dapat menolongku. Sesungguhnya aku tidak membenarkan perbuatanmu mempersekutukan aku (dengan Allah) sejak dahulu'. Sesungguhnya orang-orang yang zalim itu mendapat siksaan yang pedih," (QS. Ibrahim ayat 22)

Mengetahui isi khutbah iblis dihari kiamat kelak bisa menjadi renungan bersama agar tidak menjadi orang-orang yang merugi di akhirat.

3 dari 3 halaman

Orang yang Dimasukkan ke Neraka Jahannam 

Iblis disebut akan menyampaikan khutbah kepada para pengikutnya ketika mereka akan dimasukkan ke dalam neraka jahannam dan telah melihat apa yang menyala-nyala siap membakar. Allah SWT berfirman:

"Orang-orang kafir dibawa ke neraka Jahannam berombong-rombongan. Sehingga apabila mereka sampai ke neraka itu dibukakanlah pintu-pintunya dan berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya: 'Apakah belum pernah datang kepadamu rasul-rasul di antaramu yang membacakan kepadamu ayat-ayat Tuhanmu dan memperingatkan kepadamu akan pertemuan dengan hari ini?' Mereka menjawab: 'Benar (telah datang)'. Tetapi telah pasti berlaku ketetapan azab terhadap orang-orang yang kafir,"  (QS Az-zumar : 71).

Disebutkan jika api-api di neraka jahannam kelak akan semakin bergejolak ketika sudah melihat orang-orang yang akan dimasukkan ke dalamnya dari kejauhan.

إِذَا رَأَتۡهُم مِّن مَّكَانِۢ بَعِيدٖ سَمِعُواْ لَهَا تَغَيُّظٗا وَزَفِيرٗا

"Apabila neraka itu melihat mereka dari tempat yang jauh, mereka mendengar kegeramannya dan suara nyalanya," (QS. Al Furqan: 12).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.