Sukses

Serunya Berburu Takjil di Banjarmasin, Ada 130 Stand Wadai

Di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan ada pasar wadai atau pasar kue yang menyediakan berbagai bekal, makanan dan minuman untuk berbuka puasa.

Liputan6.com, Banjarmasin Bulan Ramadan yang juga disebut bulan puasa kembali datang dan disambut antusias oleh muslimin, masyarakat Kota Banjarmasin. Kali ini Ramadan 1445 Hijriah, kebiasaan menyabut bulan puasa itu pun dilakukan dengan mengawali pembukaan Pasar Wadai atau pasar kue yang menyediakan berbagai bekal, makanan dan minuman untuk berbuka puasa.

Tahun ini, Pemerintah Kota Banjarmasin gelar lapak Pasar Wadai di kawasan atau depan Pemkot Banjarmasin jalan RE Martadinata, Kelurahan Kertak Baru Ilir, Banjarmasin Tengah, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

130 stand makanan dan minuman untuk berbuka puasa meramaikan Pasar Wadai Ramadan yang dibuka langsung oleh Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina bersama Wakil Wali Kota Banjarmasin, Arifin Noor dan Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman. Hadir pula Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kota Banjarmasin, Siti Wasilah dan Hardiyanti serta Ketua DWP Kota Banjarmasin, Rusdiati.

"Tahun ini kita menghadirkan 130 stand, mereka terdiri dari 89 stand oleh pedagang yang tergabung dalam paguyuban pedagang pasar wadai dan 41 stand untuk UMKM Kota Banjarmasin," terang Ibnu Sina, Selasa (12/3/2024).

Pasar Wadai ini juga dimeriahkan dengan kehadiran Operasi Pasar Murah yang dilaksanakan oleh Organisasi Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Indonesia.

Ibnu mengajak kepada masyarakat Banjarmasin kiranya melengkapi hidangan berbuka puasa dengan hidangan yang ada di Pasar Wadai tersebut. Serta memberikan semangat kepada pelaku UMKM yang mengisi lapak agar tetap semangat sebagai salah satu bagian dari pelaku utama di Pasar Wadai.

"Saya mendoakan mudahan dagangannya laris manis jualannya, kepada warga pokoknya pastikan, datangiakan, tukariakan dan habisi berataan," kata Ibnu Sina.

Orang nomor satu di Kota Banjarmasin ini mengajak warganya untuk mendatangi Pasar Wadai, tentunya juga agar berbelanja bahan berbuka puasa.

Ia juga mengaku berterima kasih kepada semua pihak atas supportnya dan partisipasinya karena pasar wadai Ramadan di tahun 2024 bisa terlaksana dengan baik di Siring Balaikota Banjarmasin.

Ibnu juga menghimbau kepada para pengunjung agar selalu tetap menjaga dan memelihara kebersihan, contohnya yaitu tetaplah membuang sampah pada tempatnya.

"Tolong diperhatikan kebersihan dan lingkungan sekitar kita, agar kota kita tetap menjadi kota nang BAIMAN Barasih Wan Nyaman," ujarnya.

Selain itu, Wali kota Banjarmasin ini juga memastikan jika makanan-makanan yang ada di pasar tersebut telah aman dan halal untuk dikonsumsi ole masyarakat.

“Kita sudah dikawal oleh Balai Pengawas Obat dan Makanan, dan pemeriksaan sudah rutin dilaksanakan, sehingga di pasar ini semoga tidak ada bahan pangan berbahaya dan dilarang,” tutup Wali Kota.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.