Sukses

Tafsir Mimpi Kiamat dan Apa yang Harus Dilakukan Setelahnya

Jika ada orang mimpi tentang kiamat, bagaimana tafsirnya? Apakah pertanda baik atau pertanda buruk?

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian dari Kita mungkin ada yang pernah mimpi tentang kiamat. Namun masih buntu untuk mengartikan, atau tafsir mimpi kiamat tersebut.

Tafsir mimpi dalam Islam merupakan suatu bidang ilmu yang berkaitan dengan penafsiran mimpi berdasarkan ajaran agama Islam. Dalam tradisi Islam, mimpi dianggap sebagai salah satu bentuk wahyu atau pesan dari Allah.

Orang-orang Muslim dianjurkan untuk memperhatikan mimpi-mimpi mereka dan mencari makna atau petunjuk dalam setiap gambaran yang muncul dalam tidur mereka.

Mimpi kiamat dalam tafsir mimpi Islam memiliki makna yang mendalam dan simbolis. Mimpi kiamat sering dianggap sebagai pertanda atau peringatan dari Allah tentang akhir zaman dan hari kiamat yang sebenarnya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kiamat Menggambarkan Kekhawatiran

Para ulama tafsir mimpi menyebutkan bahwa melihat gambaran kiamat dalam mimpi dapat menggambarkan kekhawatiran seseorang terhadap akhirat atau perasaan takut akan hari pembalasan.

Tafsir mimpi bersifat pribadi dan dapat dipengaruhi oleh konteks kehidupan seseorang. Jika seseorang bermimpi tentang kiamat, bisa jadi itu merupakan panggilan untuk introspeksi diri, meningkatkan amal perbuatan, dan mendekatkan diri kepada Allah.

Mimpi kiamat juga dapat menjadi pengingat akan pentingnya taat kepada ajaran agama dan persiapan untuk kehidupan setelah mati.

Mungkin Allah memberikan kesempatan kepada individu tersebut untuk memperbaiki diri, meningkatkan ketaatan, dan meraih keridhaan-Nya. Oleh karena itu, di dalam menjalani kehidupan sehari-hari, seseorang sebaiknya merenungkan makna ajaran agama dan mengupayakan kebaikan serta amal perbuatan yang benar.

Mimpi tentang kiamat dapat menjadi titik tolak untuk meningkatkan keimanan, ketaqwaan, dan kesadaran akan akhirat. Dengan demikian, tafsir mimpi kiamat tidak hanya menjadi peringatan akan kehancuran, tetapi juga sebagai peluang untuk memperbaiki diri dan mendekatkan diri kepada Allah.

 

3 dari 3 halaman

Berikut Tafsir Mimpi Kiamat

Mengutip Bincangsyariah.com, dalam literatur kitab klasik, dijumpai beberapa keterangan mengenai tafsir mimpi kiamat. Menurut keterangan Ibnu sirin, mimpi kiamat dapat memiliki arti yang berbeda tergantung dari orang yang memiliki mimpi tersebut.

Apabila yang bermimpi adalah orang yang sholeh atau taat beragama, maka itu sebagai pertanda kebahagian baginya. Tetapi, apabila yang mengalami mimpi tersebut termasuk orang yang lalai dalam agama, maka mimpi tersebut merupakan peringatan dari Allah agar segera menghentikan perbuatan dosanya dan bertaubat.

Sebagaimana dijelaskan dalam kitab Tafsirul Ahlam berikut

ومن رأى كأنه ظهر شرط من اشراط الساعة بمكان مثل طلوع الشمس من مغربها وخروج دابة الأرض أو الدجال أو يأجوح ومأجوج فإن كان عاملا بطاعة الله عز وجل كانت رؤياه بشارة له وأن كان عاملا بمعصية الله أو هام بها كانت رؤياه له نذيرا فإن رأى كأن القيامة قد قامت وهو واقف بين يدي الله عز وجل كانت الرؤيا أثبت وأقوى وظهور العدل أسرع وأرجى وكذلك إن رأى في منامه كأن القبور قد انشقت والأموات يخرجون منها دلت رؤياه على بسط العدل

Artinya : “Barangsiapa bermimpi telah datang ciri-ciri qiyamat kubro seperti bermimpi matahari terbit dari barat,dan telah keluar hewan penghuni perut bumi,atau dajjal, atau ya’juz ma’juz,maka Ulama memberi ta’wilan berikut.

Jika yang bermimpi adalah orang yang sholeh atau taat beragama, maka itu sebagai kado kebahagian baginya.

Jika yang mengalami mimpi tersebut termasuk orang yang lalai dalam agama atau ahli maksiat, maka mimpi tersebut merupakan peringatan dari Allah agar segera menghentikan perbuatan dosanya dan bertaubat.

Barangsiapa yang bermimpi seakan kiamat terjadi dan dia di hadapan Allah untuk mempertanggungjawabkan segala amal perbuatannya, maka orang tersebut akan mengalami proses pendewasaan dalam kehidupannya lebih cepat terutama dalam berlaku adil buat diri sendiri, lingkungan dan sekelilingnya.

Demikian pula, jika bermimpi dalam kejadian kiamat itu seakan akan kuburan terbelah dan penghuni kuburnya keluar, maka pertanda ia akan menjadi orang yang menyebar keadilan.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.