Sukses

Dosa-dosa Penghalang Masuk Surga, Segera Mohon Ampun kepada Allah

Liputan6.com, Jakarta - Segala perbuatan yang bertentangan dengan ajaran Allah SWT tercatat sebagai dosa. Selain itu, perilaku maksiat juga melanggar normal moral yang ditetapkan dalam Al-Qur'an dan hadis.

Dosa dapat berupa dosa besar maupun kecil. Kita sebagai seorang muslim harus berhati-hati, sebab dosa bisa menjadi penghalang untuk masuk ke dalam surga-Nya.

Dengan adanya dosa tersebut tentu saja akan menjadi penghambat terbesar untuk bisa merasakan nikmatnya surga yang kekal.

Meskipun demikian, Allah SWT adalah Dzat yang Maha Pengampun. InsyaAllah, ketika seorang hamba bertobat secara tulus dan berjanji untuk tidak mengulangi kesalahannya, maka Dia akan mengampuninya.

Berikut adalah dosa penghalang masuk surga dan doa untuk mohon ampun sebagaimana dirangkum dari laman dream.co.id.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dosa yang Menjadi Penghalang Masuk Surga

Berikut adalah dosa-dosa yang menjadi penghalang masuk ke surga:

  • Kemarahan adalah emosi negatif yang bisa merusak hubungan dengan orang lain dan menyebabkan tindakan-tindakan berdosa.
  • Tamak, membuat seseorang terus mementingkan diri sendiri dan tidak peduli terhadap kebutuhan orang lain.
  • Kemalasan menghalangi seseorang untuk berbuat kebaikan dan produktif.
  • Kebanggaan dan iri hati adalah dosa-dosa yang memengaruhi hubungan sosial dan bisa menyebabkan konflik dan kebencian.
  • Dosa besar seperti mencuri, berbohong, berzina, dan sebagainya juga menjadi penghalang besar untuk masuk ke surga.
  • Kedengkian membuat seseorang selalu merasa iri terhadap kebahagiaan orang lain.

Untuk menghindari dosa-dosa tersebut, seseorang perlu meningkatkan kesabaran, belajar untuk bersyukur, bekerja keras dan tekun, merendahkan hati, bersikap jujur dan berbuat baik, serta menumbuhkan rasa sukacita untuk kebahagiaan orang lain.

Mendekatkan diri kepada Allah juga akan membantu seseorang untuk menghindari dosa dan menuju ke surga.

3 dari 3 halaman

Doa Mohon Ampunan Sesuai Tuntunan Rasulullah

Memohon ampun adalah bagian penting dalam ajaran Islam, sesuai dengan tuntunan Rasulullah saw. Salah satu cara memohon ampun adalah dengan merasa menyesal atas kesalahan yang telah dilakukan, bertobat kepada Allah, dan berkomitmen untuk tidak mengulangi kesalahan tersebut.

Rasulullah saw juga mengajarkan untuk meminta ampun secara langsung kepada Allah, dengan mengucapkan doa-doa memohon ampun.

Beberapa doa yang dapat digunakan sebagai panduan dalam memohon ampun adalah doa "Astaghfirullahal'azim" yang artinya "Aku memohon ampun kepada Allah yang Maha Agung".

Atau dengan membaca doa "Allahumma anta rabbi la ilaha illa anta, khalaqtani wa ana 'abduka, wa ana 'ala 'ahdika wa wa'dika mastata'tu" yang artinya "Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan kecuali Engkau, Engkau lah yang menciptakanku, dan aku adalah hamba-Mu, aku akan berpegang pada janji dan perjanjian-Mu sekuat yang aku mampu."

Dengan memohon ampun sesuai dengan tuntunan Rasulullah saw dan mengucapkan doa-doa memohon ampun, kita berharap agar Allah SWT mengampuni kesalahan-kesalahan yang telah kita lakukan.

Selain itu juga memberikan petunjuk agar kita tidak mengulangi kesalahan tersebut. Semoga doa-doa kita didengar dan diterima oleh Allah SWT.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.