Sukses

Top 3 Islami: Tanda Munculnya Imam Mahdi yang Bisa Dirasakan Menurut KH Sya'roni Ahmadi, Fakta Unik Danau Thabariyah Disebut Tanda Kiamat

Imam Mahdi digambarkan sebagai sesosok pemimpin yang lurus, berani, perkasa, lagi adil bijaksana. Salah satu tanda kemunculannya menurut KH Sya'roni Ahmadi, ulama kharismatik Kudus, adalah ketika kemaksiatan telah merajalela

Liputan6.com, Jakarta - Ada berbagai tanda kiamat yang diriwayatkan. Salah satunya adalah munculnya Imam Mahdi.

Imam Mahdi digambarkan sebagai sesosok pemimpin yang lurus, berani, perkasa, lagi adil bijaksana. Salah satu tanda kemunculannya menurut KH Sya'roni Ahmadi, ulama kharismatik Kudus, adalah ketika kemaksiatan telah merajalela

Bahkan, para ulama (dai) sekalipun sudah tak mampu memberikan nasehat kepada kaum tersebut. Ternyata, kini beberapa tanda itu sudah muncul, di mana orang-orang sudah tak lagi malu dengan perlaku maksiat yang dilakukan, misal zina.

Ulasan mengenai tanda-tanda kemunculan Imam Mahdi menjelang kiamat menjadi artikel terpopuler di kanal Islami Liputan6.com, Kamis (1/2/2024).

Artikel kedua yang tak kalah populer adalah jadwal puasa sunnah pada bulan Februari 2024, mulai dari puasa Senin-Kamis hingga Ayyamul Bidh.

Sementara, artikel ketiga yakni fakta unik danau Thabariyah dari zaman ke zaman. Diketahui, danau yang juga disebut dengan nama Tiberias ini diriwayatkan nabi akan surut oleh balatentara Ya'juj dan Ma'juj.

Selengkapnya, mari simak Top 3 Islami.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Tanda-tanda Munculnya Imam Mahdi Sebelum Kiamat Menurut KH Sya’roni Ahmadi, Sekarang Sudah Terjadi

Imam Mahdi diriwayatkan akan muncul saat kiamat sudah dekat. Namun, tak ada seorangpun yang bisa memprediksi kapan Imam Mahdi muncul, sebagaimana kapan terjadinya kiamat.

Ulama kharismatik asal Kudus yang juga sempat menjadi Mustasyar PBNU, KH Sya’roni Ahmadi mengatakan, umat Islam jangan percaya jika ada pihak yang memberitakan munculnya kiamat dengan menyebut hari dan tanggal tertentu.

Pasalnya, berita terjadinya kiamat semacam itu adalah kebohongan dan menyalahi keterangan Al-Qur’an.

Kiai Sya’roni mengatakan hal itu dalam pengajian rutin tafsir Al-Qur’an pada hari keenam bulan Ramadhan di masjid al-Aqsho Menara Kudus, Jawa Tengah, Rabu (17/7/2013), melansir NU Online, Rabu (31/1/2024).

Saat menerangkan Surat Al-Waaqi’ah ayat 1-24, ulama yang biasa disapa Mbah Sya’roni ini menjelaskan Al-Waqiah ini merupakan sebuah nama hari kiamat. Diterangkan, hari kiamat akan pasti terjadi, namun tidak bisa dipastikan kapan waktunya datang.

“Tidak ada orang yang mengerti waktu munculnya kiamat, hanya Allah yang tahu,” terangnya di depan ribuan jamaah yang hadir.

Soal Imam Mahdi, Mbah Syahroni juga menjelaskan mengenai tanda kemunculannya. Salah satunya adalah ketika maksiat sudah merajalela.

Selengkapnya baca di sini

3 dari 4 halaman

2. Jadwal Puasa Sunnah Februari 2024 Lengkap: Senin-Kamis dan Ayyamul Bidh

Setiap bulan sedikitnya ada tiga amalan puasa sunnah yang dapat dikerjakan oleh seorang muslim. Tiga puasa sunnah tersebut adalah puasa di hari Senin, Kamis, dan Ayyamul Bidh (tanggal 13, 14, dan 15).

Puasa Senin-Kamis dan Ayyamul Bidh adalah amalan yang selalu ada dan dapat dikerjakan setiap bulannya, kecuali di bulan Ramadhan karena melaksanakan puasa wajib dan tanggal 15 Dzulhijjah yang diharamkan untuk berpuasa.

Oleh karenanya, tiga puasa sunnah tersebut dapat diamalkan pada bulan Februari 2024. Dalam kalender Hijriyah, Februari 2024 bertepatan bulan Rajab dan Sya’ban 1445 H.

Di awal Februari 2024 ini mari kita niatkan untuk mengerjakan tiga amalan tersebut. Paling tidak selama bulan Februari ini ada puasa sunnah yang dilakukan.

Berikut ini jadwal puasa sunnah Februari 2024 yang secara khusus untuk puasa Senin-Kamis dan Ayyamul Bidh. Jadwal puasa sunnah Februari 2024 disusun berdasarkan kalender Hijriyah yang dikeluarkan Kemenag RI.

Selengkapnya baca di sini

4 dari 4 halaman

3. 5 Fakta Unik Danau Thabariyah dari Zaman ke Zaman, Disebut dalam Hadis Sebagai Tanda Kiamat

Nabi Muhammad SAW meriwayatkan kemunculan Ya'juj dan Ma'juj menjelang kiamat. Ya'juj dan Ma'juj bahkan digambarkan lebih berbahaya daripada Dajjal.

Ya'juj dan Ma'juj digambarkan akan muncul di sebuah tempat yang tinggi. Kemudian, dia merajalela sehingga sampai ke kawasan Danau Thabariyah atau Tiberias dalam penyebutan barat.

Air danau Thabariyah akan habis oleh balatentara Ya'juj dan Ma'juj. Jika itu terjadi, niscaya kiamat tinggal tunggu waktu.

عن النواس بن سمعان -رضي الله عنه- أن رسول الله -صلى الله عليه وسلم- قال :وَيَبْعَثُ اللَّهُ يَأْجُوجَ وَمَأْجُوجَ وَهُمْ مِنْ كُلِّ حَدَبٍ يَنْسِلُونَ ، فَيَمُرُّ أَوَائِلُهُمْ عَلَى بُحَيْرَةِ طَبَرِيَّةَ فَيَشْرَبُونَ مَا فِيهَا

Dari An-Nuwas Rasulullah SAW bersabda, “Kemudian Allah SWT mengeluarkan Yajuj dan Majuj, mereka turun dengan cepat dari bukit-bukit yang tinggi. Setelah itu gerombolan atau barisan pertama dari mereka melewati Danau Thabariyah dan meminum habis semua air dalam danau tersebut. (HR Muslim, At-Tirmidzi, Abu Dawud, Ibnu Majah).

Sebuah tempat yang disebut Nabi SAW, terlebih terkait dengan peristiwa besar akhir zaman tentu bukanlah tempat biasa. Ada berbagai fakta unik Danau Thabariyah, seperti banyak diulas oleh para cendekiawan muslim.

Riwayat Thabariyah atau Danau Tiberias membentang sejak ribuan tahun silam.

Selengkapnya baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.