Sukses

Masya Allah! 3 Amalan Ini Berpahala Setara Ibadah Haji dan Umrah, Apa Saja?

Bagi yang belum berkesempatan haji dan umrah dapat melakukan beberapa amalan yang pahalanya setara haji dan umrah. Bahkan, salah satu amalannya jika dikerjakan seperti menunaikan ibadah haji dan umrah sempurna.

Liputan6.com, Jakarta - Haji merupakan ibadah yang wajib dilakukan bagi umat Islam yang mampu. Ibadah haji ke Baitullah termasuk salah satu Rukun Islam.

Selain haji, ibadah yang dilakukan ke Tanah Suci adalah umrah. Ulama berbeda pendapat terkait hukum umrah, ada yang mengatakan wajib dan menurut sebagiannya lagi sunnah.

Terlepas dari hukumnya, berangkat ke Tanah Suci untuk melaksanakan haji atau umrah merupakan dambaan kebanyakan orang Islam. Mereka ingin paling tidak sekali seumur hidup bisa ke beribadah di Tanah Suci sekaligus berziarah ke makam Nabi Muhammad SAW.

Namun karena satu dan lain hal, tidak semua muslim bisa menunaikan ibadah haji dan umrah. Tentu sangat berharap mereka bisa ke Baitullah.

Bagi yang belum berkesempatan haji dan umrah dapat melakukan beberapa amalan yang pahalanya setara haji dan umrah. Bahkan, salah satu amalan jika dikerjakan seperti menunaikan ibadah haji dan umrah sempurna.

Berikut ini tiga amalan yang pahalanya setara haji dan umrah. Yuk simak apa saja.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Sholat Lima Waktu Berjamaah di Masjid

Sholat lima waktu adalah kewajiban yang harus dilaksanakan setiap muslim. Pada dasarnya, sholat dapat dilakukan secara sendiri atau berjemaah. Meski demikian, sebaiknya sholat lima waktu dilaksanakan secara berjemaah di masjid.

Salah satu keutamaan sholat berjamaah di masjid adalah mendapat pahala setara haji. Ditambah dengan sholat sunnah akan mendapat pahala umrah.

Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW berikut dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu.

مَنْ مَشَى إِلَى صَلاَةٍ مَكْتُوْبَةٍ فِي الجَمَاعَةِ فَهِيَ كَحَجَّةٍ وَ مَنْ مَشَى إِلَى صَلاَةٍ تَطَوُّعٍ فَهِيَ كَعُمْرَةٍ نَافِلَةٍ

Artinya: “Siapa yang berjalan menuju shalat wajib berjamaah, maka ia seperti berhaji. Siapa yang berjalan menuju shalat sunnah, maka ia seperti melakukan umrah yang sunnah.”

3 dari 5 halaman

2. Sholat Isyraq

Amalan kedua yang berpahala haji dan umrah adalah melaksanakan sholat isyraq. Namun, keutamaan ini akan diperoleh jika sebelumnya melaksanakan sholat subuh secara berjemaah, dilanjut berdzikir hingga matahari terbit, kemudian sholat isyraq.

مَنْ صَلَّى الْفَجْرَ فِي جَمَاعَةٍ ثُمَّ قَعَدَ يَذْكُرُ اللهَ تَعَالَى حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ، كَانَتْ لَهُ كَأَجْرِ حَجَّةٍ وَعُمْرَةٍ تَامَةٍ تَامَةٍ تَامَةٍ (رواه الترمذي. حسن) 

Artinya: “Siapa saja yang sholat subuh secara berjamaah, kemudian duduk dengan berdzikir kepada Allah sampai terbit matahari, kemudian sholat dua rakaat maka ia akan mendapatkan pahala sebagaimana haji dan umrah yang sempurna, sempurna, sempurna.” (HR at-Tirmidzi. Hadis Hasan).

4 dari 5 halaman

3. Menghadiri Majelis Ilmu di Masjid

Masjid tidak hanya menjadi tempat sholat. Masjid juga bisa difungsikan sebagai tempat syiar ilmu. Orang yang menghadiri majelis ilmu di majelis akan mendapat pahala yang setara haji.

Dari Umamah radhiyallahu ‘anhu, Nabi bersabda,

مَنْ غَدَا إِلَى الْمَسْجِدِ لا يُرِيدُ إِلا أَنْ يَتَعَلَّمَ خَيْرًا أَوْ يُعَلِّمَهُ، كَانَ لَهُ كَأَجْرِ حَاجٍّ تَامًّا حَجَّتُهُ

Artinya: “Siapa yang berangkat ke masjid yang ia inginkan hanyalah untuk belajar kebaikan atau mengajarkan kebaikan, ia akan mendapatkan pahala haji yang sempurna hajinya.”

Itulah tiga amalan yang pahalanya setara haji dan umrah. Semoga kita diberi keistiqomahan untuk melaksanakannya. Wallahu a’lam.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini