Sukses

Akhlak Gus Iqdam saat Sowan ke Habib Bidin dan Habib Luthfi bin Yahya Tuai Simpati Warganet

Akhlak yang patut diteladani itu dipertontonkan Gus Iqdam saat sowan ke Habib Ali Zainal Abidin bin Segaf bin Abu Bakar Assegaf (Habib Bidin Az Zahir) dan Habib Luthfi bin Yahya di Pekalongan belum lama ini.

Liputan6.com, Pekalongan - Nama pendakwah muda Muhammad Iqdam Kholid atau Gus Iqdam semakin terkenal. Tak hanya di dunia maya, Pimpinan Majelis Ta'lim Sabilu Taubah ini juga dikenal luas di dunia nyata. Bahkan, setiap pengajian mingguannya tak pernah kekurangan jemaah.

Gus Iqdam juga semakin mendunia. Salah satu jemaahnya berasal dari Turki yang belum lama ini hadir ke markas Sabilu Taubah di Blitar, Jawa Timur. Jemaah tersebut mengaku kagum dengan Gus Iqdam.

Bukan itu saja. Ia juga cukup dekat dengan beberapa aktris ternama Tanah Air. Di kalangan elite politik atau pejabat jangan ditanya lagi. Beberapa waktu lalu pengajiannya kedatangan keluarga capres dan cawapres. 

Meski makin moncer, jemaahnya sangat banyak di berbagai daerah, Gus Iqdam tetap tawadhu, adabnya sangat diperhatikan. Gus Iqdam ini seperti filosofi padi, semakin berisi semakin merunduk, semakin berilmu semakin merunduk.

Akhlak yang patut diteladani itu dipertontonkan Gus Iqdam saat sowan ke Habib Ali Zainal Abidin bin Segaf bin Abu Bakar Assegaf (Habib Bidin Az Zahir) dan Habib Luthfi bin Yahya di Pekalongan belum lama ini.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Momen Gus Iqdam Sowan ke Ulama di Pekalongan

Dalam unggahannya di story Instagram @iqdammuhammad_, Gus Iqdam sangat menjaga akhlaknya di hadapan Habib Bidin. Ia terlihat seperti layaknya santri yang sedang bertemu gurunya, betul-betul menjaga adabnya.

Pun saat sowan ke Habib Luthfi bin Yahya. Saat duduk di depan Habib Luthfi, Gus Iqdam sedikit membungkukkan badan. Ia betul-betul menyimak dan memperhatikan apa yang disampaikan dari tokoh thoriqoh Indonesia itu.

Gus Iqdam juga sowan ke beberapa ulama lain di Pekalongan seperti Habib Husain dan Gus Shohib. Dalam rangkaian sowan tersebut, ia mengisi pengajian secara privat di Pekalongan.

3 dari 3 halaman

Garangan Sorot Akhlak Gus Iqdam

Momen Gus Iqdam sowan ke Habib Bidin, Habib Luthfi, dan ulama lainnya membuat para Garangan semakin kagum dengan sosok Pengasuh Pesantren Mambaul Hikam II itu. 

Warganet di media sosial menyoroti sikap Gus Iqdam saat bertemu dengan ulama-ulama tersohor di Pekalongan. Mereka mengungkapkannya di kolom komentar YouTube Populer Dakwah di salah satu video unggahannya.

Alhamdulillah ya Allah inilah contoh santri yang muda sowan ke para alim ulama seniornya walaupun dirinya sudah mempunyai jama'ah puluhan ribu. Sehat selalu para guru,,, Amin Ya Rabbal’alamin,” tulis akun @watiwati9024.

Patut dicontoh yang muda sowan yang tua. Sehat selalu Gus Iqdam. Berkah semua amiiiiinn,” tulis akun @adlayi-fb8ww.

Wong pusat patut dicontoh adab dan ketawadhukannya ketika bertemu dengan para kyai dan senior. Sehat selalu gus,” komentar akun @saptonosumaryoto759.

“Ya Allah adem ayem melihat beliau-beliau para ulama dan habaib saling menghormati dan patut dicontoh. Bisa buat pelajaran berharga buat diri saya yang hina ini. Maturnuwun,” kata akun @semapot7684.

Tentu masih banyak lagi komentar-komentar yang menyorot sikap dan akhlak Gus Iqdam saat sowan ke Habib Bidin, Habib Luthfi, dan ulama lainnya di Pekalongan. Ketawadhuan ini patut menjadi teladan sebagaimana telah diajarkan Rasulullah SAW. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.