Sukses

Naudzubillah, Ini Makanan dan Minuman Aneh dan Mengerikan untuk Para Penghuni Neraka

Tempat kembali bagi hamba-hamba Allah yang durhaka dan banyak dosa ialah neraka. Ia merupakan tempat terburuk dan mengerikan.

Liputan6.com, Cilacap - Tempat kembali bagi hamba-hamba Allah yang durhaka dan banyak dosa ialah neraka. Ia merupakan tempat terburuk dan mengerikan.

Keganasan siksa neraka ini banyak dijelaskan dalam Al-Qur’an dan hadis. Demikian halnya dengan makanan dan minuman penghuni neraka ini sangat mengerikan.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW menerangkan tentang salah satu makanan dan minuman penghuni neraka, sebagai berikut:

"Neraka adalah tempat yang sangat gelap dan sangat membeku. Orang-orang di dalamnya akan meminta air, tetapi mereka hanya akan diberikan air panas yang sangat membakar." (Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim)

Selain hadis di atas ada riwayat yang menerangkan makanan dan minuman yang tak kalah mengerikan untuk para penghuni neraka.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Makanan dan Minuman Penghuni Neraka

Menukil Republika.co.id, Ada beberapa makanan yang disiapkan untuk mereka berdasarkan lapisan Neraka.

1.   Pohon zaqqum

Pohon ini diciptakan dari api. Zaqqum adalah makanan yang jelek dan jahat. Ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW bahwa: 

لو أنَّ قطرةً قَطِرَتْ من الزَّقُّومِ في الأرضِ لأَمَرَّتْ على أهلِ الدنيا معيشتَهم فكيفَ بمن هوَ طعامُهُ وليس له طعامٌ غيرُه

"Jika setetes air dari pohon zaqqum jatuh menetes ke bumi, maka akan merusak kehidupan penduduk dunia. Jadi, bagaimana dengan orang yang memakannya?" (HR Ahmad Syakir dalam Musnad Ahmad, dari jalur Mujahid bin Jabr al-Makki, dengan sanad yang sahih)

2. Darah dan Nanah

Ini adalah makanan yang dikhususkan bagi mereka yang telah berbuat dosa di jalan yang lurus, dan terikat di jalan Neraka. Hal itu sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-Haqqah ayat 35-37: 

فَلَيْسَ لَهُ الْيَوْمَ هَاهُنَا حَمِيمٌ*وَلَا طَعَامٌ إِلَّا مِنْ غِسْلِينٍ*لَّا يَأْكُلُهُ إِلَّا الْخَاطِئُونَ 

"Dan tiada (pula) makanan sedikitpun (baginya) kecuali dari darah dan nanah. Tidak ada yang memakannya kecuali orang-orang yang berdosa."

3. Pohon Berduri

Makanan ketiga bagi penghuni neraka ialah dhari' atau pohon dengan duri yang kering dan tidak memiliki daun. Ini makanan yang sangat kejam, jahat, jelek, dan pahit, sehingga tidak menggemukkan tubuh orang yang memakannya, dan tidak menghilangkan rasa lapar mereka.

 Allah SWT berfirman dalam surat Al-Ghasyiyah ayat 6-7:

لَّيْسَ لَهُمْ طَعَامٌ إِلَّا مِن ضَرِيعٍ*لَّا يُسْمِنُ وَلَا يُغْنِي مِن جُوعٍ 

"Mereka tiada memperoleh makanan selain dari pohon yang berduri, yang tidak menggemukkan dan tidak pula menghilangkan lapar." 

4. Dzaghussan

Makanan keempat yakni makanan dzaghussah. Ibnu Abbas menafsirkan bahwa makanan tersebut ialah suatu makanan yang menempel di tenggorokan, tetap berada di dalam, dan tidak keluar-masuk.  

3 dari 3 halaman

Doa Mohon Perlindungan dari Api Neraka

Menukil NU Online, berikut ini doa memohon perlindungan dari ganasnya siksa api neraka, termasuk juga neraka jahanam yang memiliki level siksa tertinggi.

رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا مَعَ ٱلْقَوْمِ ٱلظَّٰلِمِينَ

rabbanā lā taj'alnā ma'al-qaumiẓ-ẓālimīn

Artinya: "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau tempatkan kami bersama-sama orang-orang yang zalim itu". (QS Al Araf: 47)

وَٱلَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا ٱصْرِفْ عَنَّا عَذَابَ جَهَنَّمَ ۖ إِنَّ عَذَابَهَا كَانَ غَرَامًا

rabbanaṣrif 'annā 'ażāba jahannama inna 'ażābahā kāna garāmā

Artinya: "Ya Tuhan kami, jauhkan azab jahannam dari kami, sesungguhnya azabnya itu adalah kebinasaan yang kekal".

Semoga dengan senantiasa memanjatkan doa dan memohon perlindungan kepada Allah SWT kita senantiasa dalam lindungan-Nya dan terhindar dari api neraka jahannam.

Penulis: Khazim Mahrur/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.