Sukses

Top 3 Islami: Kronologi Penemuan Jenazah Jemaah Haji hingga Kilas Balik Mualaf Nathalie Holscher

Kronologi penemuan jenazah jemaah haji dan kilas balik mualaf Nathalie Holscher menjadi artikel yang paling menyita perhatian di kanal Islami Liputan6.com dan menjadi dua di antara tiga Top 3

Liputan6.com, Jakarta - Pelaksanaan ibadah haji 2023 terus menjadi sorotan. Usai tingginya kematian jemaah haji meninggal, publik kembali dibikin terperanjat dengan kasus 3 jemaah haji hilang.

Ketiga jemaah haji tersebut hilang dalam fase puncak haji di Arafah, Mudzalifah dan Mina atau kerap disebut Armina. Namun begitu, tiga jemaah haji hilang di tempat dan waktu berbeda.

Belakangan, satu jemaah haji terkonfirmasi meninggal dunia. Hal ini dipastikan dari hasil identifikasi oleh tim PPIH dan terkonfirmasi oleh istri jemaah haji meninggal tersebut.

Kronologi penemuan jenazah jemaah haji asal Probolinggo, Jawa Timur tersebut menjadi salah satu dari tiga artikel paling menyita perhatian pembaca kanal Islami Liputan6.com, Rabu (12/7/2023).

Dua artikel lainnya yakni kilas balik kisah mualaf Nathalie Holscher dan tentang jemaah haji hilang yang kemudian ditemukan di ruang jenazah.

Selengkapnya, mari simak Top 3 Islami.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Kronologi Penemuan Jemaah Haji Indonesia Asal Probolinggo Hilang Usai Lempar Jumrah, Sudah Meninggal

Satu dari tiga jemaah haji Indonesia yang hilang saat fase puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna) akhirnya berhasil ditemukan setelah 10 hari pencarian.

Jemaah haji Indonesia atas nama Niron Sunar Suna (77) itu ditemukan di Rumah Sakit Al-Noor, Makkah dalam kondisi meninggal dunia pada Selasa 11 Juli 2023 kemarin.

Bidang Perlindungan Jamaah (Kabid Linjam) Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Harun Al Rasyid mengungkapkan kronologi penemuan jemaah lanjut usia (lansia) yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 65 Embarkasi Surabaya (SUB 65) tersebut.

Pada hari ke-10 operasi pencarian kemarin, tim disebar ke beberapa tempat sejak pukul 09.00 Waktu Arab Saudi (WAS) untuk kembali melakukan penyisiran, mulai dari Syurtoh atau Kantor Kepolisian di wilayah Mina, kemudian kamar-kamar jenazah di wilayah Muaisim, hingga sejumlah rumah sakit (RS) di Kota Makkah dan Jeddah.

"Ketika kami berada di Syurtoh Mina koordinasi dengan mas'ul di sana lihat data jemaah haji Indonesia, dan ketiga nama tersebut belum kita temukan di situ. Tiba-tiba ada berita masuk ke WhatsApp kami, bahwa ada ciri-ciri orang yang kita cari itu berada di RS Al-Noor," ujar Harun di Makkah, Selasa malam 11 Juli 2023.

Selengkapnya baca di sini

3 dari 4 halaman

2. Kilas Balik Kisah Mualaf Nathalie Holscher, Mantan Istri Sule yang Kini Lepas Hijab

Nathalie Holscher menjadi perbincangan hangat di media sosial (medsos) setelah membuat keputusan mengejutkan melepas hijab. Belum lama ini ia memamerkan rambut terurainya di Instagram.

Keputusan Nathalie melepas hijab menuai pro dan kontra. Banyak warganet yang menyayangkan keputusan yang dibuat wanita 30 tahun ini, meskipun ada pula yang mendukung dan memberikan semangat atas masalah yang sedang dihadapinya.

Nathalie diketahui adalah seorang mualaf. Keputusannya lepas hijab menimbulkan pertanyaan publik, apakah mantan istri Sule itu keluar dari Islam.

Terkait pertanyaan ini, istri almarhum Ustadz Jefri Al Buchori, Pipik Dian Irawati Popon atau Umi Pipik memberi jawaban. Ia mengatakan Nathalie masih beragama Islam dan aktif ikut kajian.

“Iya muslim, bahkan adiknya juga muslim, bahkan kita juga punya pengajian. Itu urusan Nathalie, kita hanya menemani, kan enggak tahu ya ke depannya seperti apa, manusia hanya bisa menerka, kita hanya bisa doain, yang beri hidayah Allah," kata Umi Pipik dikutip dari YouTube MOP Channel via kanal Showbiz Liputan6.com, Rabu (12/7/2023).

Nathalie memang belum lama memeluk Islam. Ia menjadi wanita mualaf saat mengucapkan dua kalimat syahadat pada 25 September 2020 yang disaksikan oleh Sule, kini adalah mantan suaminya.

Selengkapnya baca di sini

4 dari 4 halaman

1 dari 3 Jemaah Haji yang Hilang Ditemukan Meninggal, Istri Kenali dari Tanda Khusus di Tubuhnya

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi mengkonfirmasi seorang haji asal Probolinggo dari kloter SUB-65, Niron Sunar Suna (77), yang hilang saat lempar jumrah aqabah di Mina telah dimakamkan di Sharaya, Mekkah.

"Jenazah dibawa ke Masjidil Haram untuk disalatkan selepas maghrib lalu kita bersama keluarga langsung memakamkannya di pemakaman umum kawasan Syaraya," kata Kabid Perlindungan Jamaah PPIH Arab Saudi Harun Ar Rasyid di Mekkah, Selasa (11/7), dikutip Antara.

Setelah menemukan informasi yang mengarah kepada salah satu anggota jemaah haji hilang, katanya, pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan ketua kloter dan istri almarhum serta menuju ruang jenazah Rumah Sakit Al Noor.

"Istri dari almarhum setelah melihat ciri-ciri khusus yang melekat di tubuh jenazah tersebut, maka beliau memastikan bahwa itu adalah jenazah suaminya," kata dia.

Harun mengatakan petugas bersama pihak maktab langsung melakukan pengecekan data-data, seperti paspor, visa, ciri-ciri khusus lainnya, dan pengecekan sidik jari jemaah haji meninggal tersebut.

Selengkapnya baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.