Sukses

Delay 15 Jam, 299 Jemaah Haji BPN 04 Dievakuasi ke Hotel Transit di Jeddah

Sedianya jemaah haji kloter BPN 04 ini akan diterbangkan ke Tanah Air pada hari ini, Selasa (11/7/2023) pukul 11.00 Waktu Arab Saudi (WAS) namun tertunda hingga Rabu (12/7/2023) pukul 01.25 WAS.

Liputan6.com, Jakarta - Jadwal kepulangan jemaah haji kelompok terbang (Kloter) 4 Embarkasi Balikpapan (BPN 04) tertunda atau delay hingga 15 jam. Sebanyak 299 jemaah haji yang telah didorong ke Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah ini pun dievakuasi ke hotel transit.

Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Bandara Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Haryanto menjelaskan, sedianya jemaah haji kloter BPN 04 ini akan diterbangkan ke Tanah Air pada hari ini, Selasa (11/7/2023) pukul 11.00 Waktu Arab Saudi (WAS) namun tertunda hingga Rabu (12/7/2023) pukul 01.25 WAS.

Akibatnya, pihak maskapai pun harus memberikan kompensasi pelayanan akomodasi dan konsumsi kepada para jemaah karena delay penerbangan terjadi di atas 6 jam. Ratusan jemaah tersebut dievakuasi ke dua hotel transit yang berbeda, yakni 208 jemaah di Hotel Al Azhar dan 91 jemaah di Hotel Rose Jeddah.

"Delay dari jam 11.00-01.25 sekitar 15 jam. Alhamdulillah dari pihak maskapai Garuda telah memberikan tempat transit, menyediakan makan siang, dan makan malam untuk jemaah," ujar Haryanto saat ditemui di Hotel Al-Azhar, Jeddah.

Rencananya, 299 jemaah haji kloter BPN 04 ini akan diberangkatkan kembali ke Bandara King Abdul Aziz Jeddah menggunakan bus pada pukul 18.30 WAS nanti. Sebab, jemaah harus sudah berada di bandara paling lambat 6 jam dari jadwal penerbangan untuk melalui proses pemeriksaan barang bawaan hingga imigrasi terlebih dulu.

Haryanto berharap, ke depan tidak ada lagi penerbangan kepulangan jemaah haji yang delay dari jadwal seharusnya. Namun jika terjadi delay, apalagi lebih dari 6 jam, diharapkan pihak maskapai segera melaporkan penundaan jadwal penerbangan tersebut lebih dini agar jemaah haji tidak didorong dulu dari hotelnya di Makkah.

Seperti yang dialami jemaah kloter BPN 04 ini yang telah didorong dari hotelnya di Makkah sejak Selasa dini hari dan tiba di Bandara Jeddah pada pukul 04.15 WAS. Pihak maskapai baru memberitahukan delay penerbangan saat para jemaah sudah tiba di bandara.

"Pemberitahuan delay-nya saya mohon kepada pihak maskapai secepatnya diberi tahu pada kita supaya bisa koordinasi dengan pihak lain, khususnya petugas dari Daker Makkah. Ketika ada delay, jemaah haji masih bisa tetap tinggal dulu di hotel Makkah, tidak diberangkatkan dulu ke Jeddah, sehingga lebih efektif dan efisien," ucap Haryanto menjelaskan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Efek Domino Delay di Debarkasi Balikpapan

Pihak Garuda Indonesia menyampaikan bahwa delay penerbangan kepulangan jemaah haji kloter BPN 04 hingga hampi 15 jam ini disebabkan oleh kendala tekhnis. Salah satunya terdampak dari penerbangan sebelumnya yakni Kloter BPN 03 yang juga mengalami delay.

"Ini adalah kejadian yang pertama, semoga ke depan tidak terjadi lagi," ujar Haryanto.

Dia berharap, penundaan ini tidak berdampak pada penerbangan jemaah haji berikutnya. Diketahui, jemaah haji kloter BPN 05 dijadwalkan akan dipulangkan ke Tanah Air pada Rabu (12/7/2023) pukul 18.00 WAS.

"Mudah-mudahan nanti sesuai schedule. Jadi upaya dari pihak penerbangan terus melakukan langkah-langkah tetap sesuai rencana awal. Walaupun hal-hal seperti ini biasanya terjadi karena ada kendala tekhnis," kata Haryanto menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini