Sukses

7 Keutamaan Membaca Surah Al-Ikhlas Secara Rutin, Dibukakan Pintu Rezeki dari Berbagai Arah

7 keutamaan membaca surat Al-Ikhlas secara rutin, kejutan tak terduga

Liputan6.com, Jakarta - Surah Al-Ikhlas merupakan surah ke-112 dalam Al-Qur’an. Surah Al-Ikhlas menggambarkan tentang keesaan Allah. Esa di sini berarti tunggal atau satu.

Dinamakan surah Al-Ikhlas karena surah ini dapat menyelamatkan orang yang membacanya dari kesulitan di dunia maupun kesulitan akhirat dan dari kesulitan saat menghadapi sakaratul maut serta dijauhkan dari gelapnya alam kubur dan dari dahsyatnya keguncangan dan kengerian di hari kiamat nanti.

Meskipun surah ini tergolong surah pendek karena hanya terdiri dari empat ayat saja, akan tetapi memiliki kedudukan yang tinggi dibandingkan dengan surah lainnya, bahkan kedudukannya disamakan dengan sepertiganya Al-Qur’an. Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda: 

“Barang siapa membaca Surah Al-Ikhlas sebanyak satu kali maka seolah-olah ia telah membaca 1/3 Al-Qur’an. Dan barangsiapa membacanya dua kali maka seolah-olah ia telah membaca 2/3 Al-Qur’an. Dan barangsiapa membacanya tiga kali maka seolah-olah ia telah membaca seluruh Al-Qur’an. Barang siapa membacanya sebanyak 11 kali maka Allah membangunkan untuknya rumah di surga yang terbuat dari intan merah.”

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keutamaan Membaca Surah Al-Ikhlas

1. Akan dibangunkan istana di surga kelak

Dari sahabat Mu’adz bin Anas Al-Juhanii radhiallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam pernah berlibur,

مَنْ قَرَأَ ( قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ ) حَتَّى يَخْتِمَهَا عَشْرَ مَرَّاتٍ بَنَى اللَّهُ لَهُ قَ صْراً فِى الْجَنَّةِ

“Siapa yang membaca ‘Qul huwallahu ahad’ (surah Al-Ikhlas) sampai ia merampungkannya sebanyak sepuluh kali, maka akan dibangunkan untuk istana di surga.” (HR. Ahmad, 3/437. Syaikh Al-Albani dalam Ash-Shahihah mengatakan bahwa hadits ini hasan dengan berbagai penguat).

2. Membuka pintu rezeki dari berbagai arah

Diceritakan ada seorang laki-laki mengadu kepada Rasulullah ia mengadu tentang kesusahan hidup yang dideritanya, laki-laki itu bercerita bahwasannya telah melakukan segala cara agar terbebas dari kesusahannya. Lalu orang itu memohon kepada Rasulullah supaya mengajarkan atau diberi amalan singkat untuk menghilangkan segala kesulitan hidup, kemudian Rasulullah memberikan amalan tersebut dan menyuruh kepada orang itu supaya setiap kali ia mau masuk ke dalamnya dianjurkan untuk selalu memikirkan salam.

Jika tidak ada orang didalamnya maka dianjurkan salam kepada Rasulullah SAW, kemudian membaca surah Al-Ikhlas sebanyak 3 kali dan orang itu mengamalkannya dengan istiqomah dan penuh keyakinan dan pada akhirnya Allah melapangkan rezeki orang tersebut.

3. Dijauhkan dari godaan setan

Dari Ali bin Abi Thalib ia berkata Nabi Muhammad SAW bersabda: “ barangsiapa yang membaca surah Al-Ikhlas sebanyak 11 kali setiap selesai sholat subuh maka setan tidak akan dapat menggodanya untuk melakukan perbuatan maksiat".

3 dari 3 halaman

Keutamaan lainnya

4. Dimudahkan segala urusan dan dijauhkan dari segala marabahaya 

Adapun cara mengamalkan surah Al-Ikhlas ini yaitu dengan membaca sebanyak 1000 kali. Waktu membacanya  antara sholat maghrib dan isya dan setelah selesai berdoalah kepada Allah SWT dengan sungguh-sungguh agar apa yang diharapkan dan dicita-citakan dikabulkan oleh Allah SWT serta dijauhkan dari segala marabahaya.

5. Mencegah fitnah siksa kubur

Rasulullah SAW pernah berkata: “barangsiapa membaca surah Al Ikhlas pada saat sakit yang membawa kematiannya niscaya mayatnya tidak akan busuk dalam kuburnya”.

Dan dalam hadis lain menyebutkan bahwa keutamaan bagi orang yang membacanya akan terhindar dari fitnah kubur, aman dari kesempitan kubur dan para malaikat akan membawanya melalui sayap-sayapnya melalui titian sirotol mustakim hingga sampai ke surga.

6. Akan diampuni dosa-dosanya

Dari Anas bin Malik RA bahwasanya Rasulullah SAW pernah: "barangsiapa yang membaca Qul Huwallahu Ahad atau surah Al Ikhlas sebanyak 50 kali niscaya diampuni dosa-dosanya 50 tahun”.

7. Hidup akan selalu diberkahi

Dari Anas bin Malik, Rasulullah menjawab : “barangsiapa yang membaca Qul Huwallahu Ahad atau surah Al-Ikhlas satu kali maka ia akan diberkahi. Jika ia membaca dua kali maka keluarganya akan diberkahi, barangsiapa yang membaca tiga kali maka ia dan keluarganya dan kerabatnya akan diberkahi".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.