Sukses

7 Keutamaan Membaca Shalawat, Hidup Berkah hingga Syafaat di Hari Kiamat

Keutamaan (keuntungan) dunia dan akhirat bagi orang-orang yang senantiasa bershalawat.

Liputan6.com, Jakarta - Shalawat nabi merupakan ungkapan sanjungan atau kekaguman dan permohonan seorang hamba kepada Allah SWT agar senantiasa memuliakan Nabi Muhammad SAW.

Allah SWT memerintahkan seorang muslim membaca shalawat. Hal itu tertulis dalam QS. Al-Ahzab ayat 56 yang berbunyi:

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِىِّ ۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسْلِيمًا

Innallāha wa malā`ikatahụ yuṣallụna ‘alan-nabiyy, yā ayyuhallażīna āmanụ ṣallụ ‘alaihi wa sallimụ taslīmā

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

Memperbanyak shalawat juga sebagai bagian dari cara untuk belajar mencintai Nabi Muhammad SAW. Di samping itu, shalawat juga memberikan banyak keutamaan luar biasa bagi pembacanya.

Di antaranya keutamannya adalah penuh keberkahan dan syafaat di hari kiamat. Berikut penjelasannya.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keutamaan Membaca Shalawat 

1. Mendapatkan balasan shalawat dari Allah SWT

Keutamaan membaca shalawat  yang pertama yaitu akan mendapatkan balasan shalawat dari Allah SWT. Dikatakan, bagi siapa saja yang membaca shalawat untuk Nabi Muhammad SAW, maka Allah akan membalas 10 kali shalawat untuknya. Ini pun disebutkan dengan jelas dalam sebuah hadis. Rasulullah bersabda, 

“Siapa yang bershalawat untukku sekali, maka Allah swt bershalawat untuknya 10 kali.”

2. Mendapatkan syafaat Rasulullah SAW

Membaca shalawat juga dapat membantu kita mendapatkan syafaat dari Rasulullah. Syafaat dalam hal ini adalah pertolongan. Di mana, pada kehidupan akhirat nanti hanyalah orang-orang beriman yang akan mendapatkan pertolongan Rasulullah dari berbagai kesulitan yang harus dijalani di hari akhir atau hari kiamat.

Maka dengan memperbanyak amalan shalawat, insyaallah kita mendapatkan pertolongan Rasulullah dengan lebih mudah.

3. Mendapatkan sambutan shalawat dari Rasulullah SAW

Manfaat keutamaan membaca shalawat berikutnya yaitu akan mendapatkan sambutan shalawat dari Rasulullah. Setiap umat muslim yang bershalawat kepada Nabi Muhammad, maka beliau sendiri akan menyambut dengan bershalawat untuknya.

Bukan hanya itu, orang yang bershalawat untuk nabi juga akan dicatat sebagai 10 kebaikan. Dalam sebuah hadis riwayat Imam Thabrani dari Sahabat Anas bin Malik dikatakan,

“Siapa yang bershalawat untukku maka shalawat itu akan sampai padaku dan aku akan bershalawat untuknya, dan baginya akan dicatat 10 kebaikan.”

4. Ditinggikan derajatnya

Dalam hadis riwayat Imam Thabrani, Imam An-Nasai, dan Imam Al-Bazzar dari Abu Burdah bin Nayar, Rasulullah bersabda,

“Siapa yang bershalawat kepadaku dari umatku shalawat secara ikhlas dari hatinya, Allah swt akan bershalawat untuknya 10 kali shalawat, menaikkan derajatnya 10 kali, mencatat untuknya 10 kali kebaikan, dan menghapuskan untuknya 10 keburukan.”

3 dari 3 halaman

Menghapus Kefakiran hingga Mengalirkan Keberkahan

5. Menghapuskan kefakiran

Keutamaan membaca shalawat juga dapat menghapuskan kefakiran. Dikatakan, bagi siapa saja yang membaca shalawat nabi, maka Allah akan meniadakan kefakiran baginya dan memberikan limpahan kebaikan yang bermanfaat.

Meskipun termasuk amalan sunnah, namun bacaan shalawat ini memberikan banyak sekali manfaat kebaikan selama hidup di dunia, bahkan kelak di akhirat.

6. Malaikat turut membaca shalawat

Ini dijelaskan dalam hadis riwayat Imam Ahmad dari Abdullah bin Umar RA, Rasulullah SAW bersabda:

“Siapa yang bershalawat untuk Nabi Muhammad SAW sekali, maka Allah SWT dan malaikatnya akan bershalawat untuknya 70 kali.”

7. Mengalirkan keberkahan

Manfaat keutamaan membaca shalawat Nabi Muhammad SAW yang terakhir namun tak kalah penting yaitu mengalirkan berkah. Umat muslim yang bershalawat untuk nabi maka akan termasuk golongan manusia yang paling utama di sisi-Nya.

Bukan hanya itu, Allah juga akan mengalirkan keberkahan dan kebaikan bagi siapa saja yang bershalawat pada Rasul utusan Allah. Bahkan keberkahan tersebut akan terus mengalir hingga anak dan cucunya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.