Sukses

Menag Yaqut Larang Jemaah Haji Bawa Jimat ke Tanah Suci

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengingatkan jemaah haji yang berangkat pada kloter pertama pada Rabu (24/5/2023) dini hari ini, untuk fokus beribadah.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengingatkan jemaah haji yang berangkat pada kloter pertama pada Rabu (24/5/2023) dini hari ini, untuk fokus beribadah. Ia juga melarang para jemaah untuk membawa segala bentuk jimat.

"Sebab di Arab Saudi sana bisa terkena pasal syirik, dan hukumannya beraat," ungkap Menag, saat melepas jemaah haji di Bandara Soekarno Hatta, Rabu (24/5/2023).

Yaqut juga meminta, agar para jemaah fokus dalam beribadah. Juga bijak dalam menggunakan media sosial selama ibadah berlangsung.

"Jangan sembarangan membuat konten negatif saat berada di Haramain lalu diunggah di media sosial. Jadi sekali lagi saya pesan, fokus beribadah saja," tegas Menag.

Menag berharap jemaah dapat manfaatkan kesempatan beribadah haji ini dengan baik, sesuai kondisi fisiknya. Jika ada kesulitan dalam beribadah, jemaah dapat mengkonsultasikan kepada para petugas pembimbing ibadah.

"Saya berharap, seluruh jemaah haji Indonesia dapat menunaikan ibadah haji dengan baik, mendapat kemudahan dan kelancaran, serta kembali ke Tanah Air dengan selamat," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berharap Jemaah Sehat selama Haji

Dia berharap, bila jemaah sehat selama menjalani ibadah haji. Lalu bisa kembali lagi dengan keluarga di Tanah Air.

"Semoga setelah kembali ke tanah air, para jemaah mendapat keberkahan bagi diri, keluarga, dan masyarakat. Jangan lupa, doakan Indonesia agar menjadi negara yang “baldatun thayyibatun wa-Rabbun Ghofuur," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.