Sukses

Kala Masjid Jadi Rest Area Dadakan Bagi Pemudik Arus Balik Lebaran 2023

Sejumlah pemudik di Provinsi Kalimantan Selatan memanfaatkan area masjid sebagai "rest area" saat arus balik H+2 Lebaran atau Idul Fitri 2023.

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah pemudik di Provinsi Kalimantan Selatan memanfaatkan area masjid sebagai 'rest area' saat arus balik H+2 Lebaran atau Idul Fitri 2023.

Dikutip dari Antara, Sabtu (29/4/2023), pemudik yang mau kembali lebih memilih beristirahat di halaman masjid.  

Masyarakat yang hendak kembali ke Kalsel, seperti rute Banua Anam-Banjarmasin hingga Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah belum tersedia tempat istirahat yang representatif.

Selain dapat beristirahat, pemudik arus balik memilih masjid karena melaksanakan shalat dan tersedia pendingin ruangan atau "Air Conditioner" (AC), seperti Masjid Dulang Rantau, Kabupaten Tapin.

Masjid tersebut memiliki bangunan cukup megah dengan halaman yang luas dan penuh pohon yang rindang.

Masyarakat yang hendak kembali ke Banjarmasin, Kalsel pun dapat menggunakan jalan lingkar (by pass) untuk mengurangi kemacetan lalu lintas saat liburan Lebaran.

Seperti di Binuang, Kabupaten Tapin, pengendara cukup terbantu keberadaan jalan lingkar ketika terjadi pohon tumbang. "Terbantu dengan adanya jalan by pass Binuang, jika tidak mungkin bisa pukul 22 00 Wita atau makan waktu perjalanan 12 jam dari Barabai-Banjarmasin," ujar seorang pengguna jalan, Sartika.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Arus Balik Lebaran 2023, Kemenhub Ubah 7 Jembatan Timbang Jadi Rest Area

Demi menunjang arus mudik dan balik Lebaran 2023 di jalan arteri, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyiapkan 7 Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB), atau jembatan timbang yang dialihkan sementara fungsinya sebagai rest area.

Kepala Humas Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Pitra Setiawan menyampaikan, pemberlakuan jembatan timbang sebagai rest area ini selama masa mudik dan balik angkutan Lebaran, pada 15-30 April 2023.

"Kami menyiapkan 7 UPPKB sebagai tempat istirahat atau rest area bagi para pemudik yang akan melakukan perjalanan yaitu di Balonggandu Karawang, Losarang Indramayu, Tanjung Brebes, Subah Batang, Gentong Tasikmalaya, Ajibarang Banyumas, dan Cikande Serang," paparnya, Sabtu (22/4/2023).

Hingga 20 April 2023 lalu, ketujuh UPPKB tersebut telah melayani 1.858 pemudik, dengan rincian:

  1. Rest Area Cikande: 19 orang
  2. Rest Area Losarang: 1.328 orang
  3. Rest Area Balonggandu: 29 orang
  4. Rest Area Tanjung: 272 orang
  5. Rest Area Subah: 47 orang
  6. Rest Area Ajibarang: 114 orang
  7. Rest Area Gentong: 49 orang

"Lonjakan pengunjung rest area terjadi pada tanggal 19 hingga 20 lalu yang ditandai dengan lonjakan pengguna rest area dibandingkan hari sebelumnya. Misalnya di Losarang pada tanggal 19 terdapat 462 pengunjung, dan pada tanggal 20 mencapai 494 pengunjung atau 6 persen lebih banyak dari hari sebelumnya," imbuh Pitra.

Pitra juga mengimbau kepada seluruh pemudik terutama yang melintas di jalan arteri agar tetap berhati-hati dalam berkendara untuk meminimalisir risiko terjadinya kecelakaan di jalan.

 

 

 

3 dari 3 halaman

Barang Bawaan Jangan Berlebih

Bagi para pemudik dengan motor pun diminta untuk memperhatikan barang bawaannya agar tetap ringkas dan tidak berlebihan sehingga tidak membahayakan bagi pengemudi dan pengguna kendaraan lainnya.

"Di Ajibarang berdasarkan hasil laporan tim yang bertugas saat ini tercatat sudah 2 kejadian kecelakaan di sekitar rest area Ajibarang yaitu pada tanggal 20 April pukul 00.30 WIB melibatkan 2 mobil di depan rest area tanpa korban luka/jiwa. Kemudian pukul 12.17 WIB kecelakaan tunggal R2 dengan 1 korban luka dan telah ditindaklanjuti oleh personil UPPKB berkoordinasi dengan rumah sakit terdekat," urai Pitra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini