Sukses

Koleksi Mukena Terbaru Saskara Tampilkan Motif Kembang Sepatu yang Punya Pesan Tersembunyi

Koleksi terbaru Saskara terinspirasi dari keindahan bunga khas dari salah satu kabupaten di Bali yaitu bunga pucuk bang, atau lbunga kembang sepatu.

Liputan6.com, Jakarta - Jenama fesyen lokal Saskara meluncurkan Seri Nusantara 4, yang diberi nama Sembayang. Sembayang diambil dari kata sembahyang, secara etimologi merupakan gabungan dari kata sembah dan hyang, yang berarti menyembah kepada Tuhan yang Maha Kuasa.

Menurut CEO Saskara, Andya Kartika, kenyamanan dalam beribadah selalu jadi prioritas utama dalam tiap produk Saskara, sehingga para penggunanya dapat mendapatkan pengalaman terbaik saat mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

"Bukan hanya indah dan bermakna, tiap karya Saskara selalu bertujuan untuk meningkatkan nilai spiritual penggunanya," kata Andya Kartika, melalui rilis yang diterima Liputan6.con, Rabu, 19 April 2023.

Melanjutkan ke-3 seri Nusantara sebelumnya (Purak Barik, Kilau Mandalika, dan Werni), kali ini Saskara terinspirasi dari keindahan bunga khas dari salah satu kabupaten di Bali yaitu bunga pucuk bang, atau lebih dikenal dengan nama bunga kembang sepatu.

Rangkaian gambar bunga kembang sepatu menghiasi koleksi mukena, pouch, dan sajadah wanita yang tertera pada delapan varian produk yaitu: Padma, Meta, Dayu, Galuh, Tara, Caya, Sanya, dan Hita.

Lewat koleksi untuk menyambut Ramadan 2023 ini Saskara berusaha mengungkapkan pesan tersembunyi yang disimbolkan oleh kembang sepatu. Rasanya tak banyak orang tahu, kembang sepatu punya beberapa warna dan memiliki filosofi arti yang berbeda. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jenis Bahan Mukena

 

Warna putih pada kembang sepatu melambangkan kemurnian, kecantikan dan keanggunan. Kembang yang berwarna kuning dikaitkan dengan kebahagiaan, dan keberuntungan.

Kembang berwarna merah muda memiliki arti persahabatan dan bentuk ungkapan beragam perasaan cinta dan kasih sayang, sementara kembang sepatu berwarna merah melambangkan simbol cinta dan gairah.

Selain motif penuh makna, pemilihan kain untuk produk mukena Nusantara kali ini menggunakan jenis bahan ultra-fine velvet yang kerap digunakan dalam koleksi mukena Jasmine, salah satu seri paling diminati dari Saskara.

Bahannya lembut, halus, tidak mudah kusut, dan sangat kecil saat dilipat. Dengan pouch dengan motif bunga yang cantik berukuran mungil, koleksi kali ini memiliki pelengkap sajadah dengan warna dan motif senada.

3 dari 3 halaman

Dukung Industri Lokal

 

Menurut COO Saskara Afif Kamal Fiska, dalam setiap koleksinya mereka selalu mendukung industri lokal melalui kerja sama dengan para pelaku industri kreatif berskala UMKM untuk membuat produk berkualitas tinggi.

Selain mempromosikan keindahan khas Bali melalui motif bunga kembang sepatu, Saskara juga membawa misi untuk memperkuat industri kreatif Indonesia secara keseluruhan.

Sejak berdiri pada 2018, Saskara punya visi untuk mengangkat kebudayaan dan keindahan Nusantara melalui tiap karyanya. Mereka meyakini kekayaan dan pesona keindahan Indonesia perlu kembali diperkenalkan kepada dunia. Usai Sembayang, Saskara berencana merilis Seri Nusantara lainnya yang mengangkat kebudayaan dan keindahan dari berbagai provinsi lainnya di Indonesia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini