Sukses

Doa Menerima Zakat Fitrah Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Zakat fitrah merupakan zakat yang wajib dikeluarkan oleh seorang muslim setiap tahunnya. Zakat fitrah dapat dikeluarkan sejak awal Ramadhan dan selambat-lambatnya sebelum melaksanakan sholat hari raya Idul Fitri.

Liputan6.com, Jakarta - Zakat fitrah merupakan zakat yang wajib dikeluarkan oleh seorang muslim setiap tahunnya. Zakat fitrah dapat dikeluarkan sejak awal Ramadhan dan selambat-lambatnya sebelum melaksanakan sholat hari raya Idul Fitri.

Mengeluarkan zakat fitrah merupakan suatu kebaikan. Orang yang menerima zakat fitrah berarti menerima kebaikan orang lain. 

Dalam Islam diajarkan bahwa orang yang memberikan kebaikan hendaknya dibalas dengan kebaikan, paling tidak melalui doa. Pun ketika seseorang menerima zakat fitrah, baiknya memanjatkan doa.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Syekh Nawawi yang mengutip hadis Rasulullah SAW dalam kitab Nihayatuz Zain. Mengutip NU Online, berikut adalah keterangan Syekh Nawawi dalam kitab tersebut.

“Seyogianya orang yang menerima zakat mendoakan mereka yang menyerahkan zakatnya sesuai hadits Rasulullah SAW, ‘Siapa saja yang memberikan kebaikan kepadamu, maka balaslah kebaikannya. Jika kalian tidak sanggup membalasnya, doakanlah dia.’ Dengan kata lain, siapa saja yang berbuat kebaikan kepadamu, maka balaslah ia dengan kebaikan serupa. Jika kalian tidak sanggup, maka doakanlah ia dengan sungguh-sungguh hingga terwujud pembalasan kebaikan yang setara,” (Lihat Syekh M Nawawi Banten, Nihayatuz Zain, [Beirut, Darul Kutub Al-Ilmiyyah: 2002 M/1422 H], halaman 177).

Adapun doa menerima zakat yang dianjurkan Syekh Nawawi adalah sebagai berikut.

 طَهَّرَ اللهُ قَلْبَكَ فِي قُلُوْبِ الأَبْرَارِ وَزَكَّى عَمَلَكَ فِي عَمَلِ الأَخْيَارِ وَصَلَّى عَلَى رُوْحِكَ فِي أَرْوَاحِ الشُّهَدَاءِ  

Thahharallāhu qalbaka fī qulūbil abrār, wa zakkā ‘amalaka fī ‘amalil akhyār, wa shallā ‘alā rūhika fī arwāhis syuhadā’. 

Artinya: “Semoga Allah menyucikan hatimu pada hati para hamba-Nya yang abrar. Semoga Allah bersihkan amalmu pada amal para hamba-Nya yang akhyar. Semoga Allah bershalawat untuk rohmu pada roh para hamba-Nya yang syahid.”

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doa Menerima Zakat Versi Lain

Selain doa tersebut, ada juga doa menerima zakat lain yang populer. Berikut adalah lafal doanya.

ﺁﺟَﺮَﻙ ﺍﻟﻠﻪُ ﻓِﻴْﻤَﺎ ﺍَﻋْﻄَﻴْﺖَ، ﻭَﺑَﺎﺭَﻙَ ﻓِﻴْﻤَﺎ ﺍَﺑْﻘَﻴْﺖَ ﻭَﺟَﻌَﻠَﻪُ ﻟَﻚَ ﻃَﻬُﻮْﺭًﺍ     

Âjarakallâhu fî mâ a’thaita wa bâraka fî mâ abqaita wa ja’alahu laka thahûran   

Artinya: “Semoga Allah memberikan pahala atas apa yang engkau berikan, dan semoga Allah memberikan berkah atas harta yang kau simpan dan menjadikannya sebagai pembersih bagimu.” (Habib Hasan Ahmad Muhammad al-Kaf, Taqrîrâtus Sadîdah, 2003: 418-420)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.