Sukses

Keutamaan Puasa, Tarawih Hingga Doa Hari ke-26 Puasa Ramadhan

Menjelang hari kemenangan, umat muslim berlomba-lomba mengerjakan ibadah dan amal sholeh agar mendapat ampunan Allah

Liputan6.com, Jakarta Tak terasa, bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah telah menginjak hari ke-26. Hanya tinggal menghitung hari menuju kemenangan yakni hari Raya Idul Fitri. 

Menjelang hari kemenangan, umat muslim berlomba-lomba mengerjakan ibadah dan amal sholeh agar mendapat ampunan Allah SWT.  

Pada hari ke-26, terdapat keistimewaan tersendiri bagi umat muslim yang senantiasa melaksanakan berbagai macam ibadah pada bulan Ramadan

Pada hakikatnya, setiap hari dalam bulan Ramadhan memiliki keutaaman tersendiri terutama bagi umat muslim yang senantiasa melaksanakan ibadah. 

Dalam kitab Fadhâil Al-Asyhur Ats-Tsalâtsah, tertulis keutamaan atau fadhillah berpuasa dalam kurun waktu 30 hari. Termasuk pada hari ke-26. Berikut keutamaan berpuasa dan tarawih pada hari ke-26 Ramadhan.

Keutamaan hari ke-26 puasa ramadhan, Allah swt memandang kalian dengan kasih sayang-Nya, kemudian mengampuni semua dosa kalian kecuali sogokan dan hartanya; Allah swt mensucikan rumah kalian setiap hari tujuh puluh ribu kali dari ghibah dan dusta.

Keutamaan Shalat Tarawih

وَفِى اللَّيْلَةِ السَّادِسَةِ وَاْلعِشْرِيْنَ يَرْفَعُ اللهُ لَهُ ثَوَابَهُ اَرْبَعِيْنَ عَامًا.

Pada malam ini, Allah meningkatkan bagi yang melaksanakan shalat tarawih pahala selama empat puluh tahun.

Doa Pada hari ke-26 Ramadhan 

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ سَعْيِيْ فِيْهِ مَشْكُوْرًا وَ ذَنْبِيْ فِيْهِ مَغْفُوْرًا وَ عَمَلِيْ فِيْهِ مَقْبُوْلاً وَ عَيْبِيْ فِيْهِ مَسْتُوْرًا يَا أَسْمَعَ السَّامِعِيْنَ

"Ya Allah, jadikanlah setiap lampah usahaku di bulan ini sebagai ungkapan rasa syukur dan dosa-dosaku terampuni, amal-amalku diterima dan seluruh aib kejelekanku ditutupi. Wahai Yang Maha mendengar dari semua yang mendengar."

Selain itu, dalam sebuah hadist Rasulullah mengajarkan untuk membaca doa memohon ampun pada 10 malam terakhir bulan Ramadhan, berikut doanya.

"Ya Allah, sesungguhnya engkau maha pemaaf lagi maha mulia yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku"

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dalil

Adapun dalil Al-Quran dan Hadist yang menjelaskan perintah ibadah puasa antara lain.

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ - ١٨٣

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa," (QS. Al-Baqarah : 183

صُومُوا لِرُؤْيَتِهِ وَأَفْطِرُوا لِرُؤْيَتِهِ فَإِنْ غُبِّيَ عَلَيْكُمْ فَأَكْمِلُوا عِدَّةَ شَعْبَانَ ثَلَاثِينَ

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:

“Berpuasalah kalian karena melihatnya (hilal) dan berhari rayalah karena melihatnya, jika hilal hilang dari penglihatanmu maka sempurnakan bilangan Sya’ban sampai tiga puluh hari,” (HR Bukhari).

Dari Thalhah bin Ubaidillah RA, bahwa seorang datang kepada Nabi SAW dan bertanya, yang artinya:

"Ya Rasulullah, katakan padaku apa yang Allah wajibkan kepadaku tentang puasa?" Beliau menjawab, "Puasa Ramadan". "Apakah ada lagi selain itu?". Beliau menjawab, "Tidak, kecuali puasa sunnah."

Adapun terdapat hadits lain yakni terkait keutamaan puasa Ramadhan.

Dari Abu Hurairah, ia berkata,

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

"Barangsiapa berpuasa Ramadhan atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni." (HR. Bukhari no. 38 dan Muslim no. 760).

Setelah mengetahui Keutamaan Berpuasa, shalat Tarawih, dan Doa di Hari ke-26. Tentunya kita harus membaca niat berpuasa pada saat sahur nanti. Berikut niat menjalankan ibadah puasa Ramadhan,

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

Artinya: "Aku berniat puasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah ta'ala."

Nah, itu dia Keutamaan Berpuasa, Shalat Tarawih, dan Doa yang bisa dipanjatkan pada hari ke-26 bulan Ramadhan beserta niat berpuasa.

Penulis: Fatiyah Nurjanah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.