Sukses

Doa Berpakaian dan Melepas Pakaian Anak TK, Ketahui Etikanya

Memahami doa berpakaian dan melepas pakaian adalah langkah awal memperkenalkan anak-anak pada ajaran agama Islam.

Liputan6.com, Jakarta - Penting bagi anak-anak TK untuk memahami doa berpakaian dan melepas pakaian sesuai sunnah Nabi serta etika yang benar. Memahami doa berpakaian dan melepas pakaian sesuai sunnah Nabi adalah langkah awal dalam memperkenalkan anak-anak pada ajaran agama Islam dan mengajarkan mereka tentang kebiasaan baik dalam kehidupan sehari-hari.

Doa berpakaian dan melepas pakaian ini mengajarkan anak-anak TK untuk selalu bersyukur kepada Allah, berserah diri kepada-Nya, dan memohon perlindungan-Nya dalam setiap aktivitas, termasuk dalam hal berpakaian dan melepas pakaian.

Selain itu, mempelajari etika berpakaian yang benar merupakan aspek penting dalam pendidikan anak-anak. Maka, dengan memahami etika berpakaian yang benar, anak-anak akan diajarkan untuk berpakaian dengan sopan dan sesuai norma agama dan budaya. Mereka akan belajar tentang pemilihan pakaian yang layak, menjaga aurat, serta menghormati aturan dan nilai-nilai yang berlaku dalam masyarakat.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang doa bepakaian dan melepas pakaian anak TK sesuai sunnah Nabi Muhammad SAW, Selasa (11/4/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berpakaian

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَا هُوَ لَهُ ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا هُوَ لَهُ

Allaahumma innii as'aluka min khairi wa khaira maa huwa lahu, wa a'uudzubika min syarrihi wa syarri maa huwa lahu

Artinya: "Ya Allah sungguh aku mohon kepada Engkau kebaikan pakaian ini dan kebaikan sesuatu yang di dalamnya serta aku berlindung kepada Engkau dari keburukan pakaian ini dan keburukan sesuatu yang ada di dalamnya."

 

Dalam buku berjudul 101 Doa Anak Saleh oleh Penerbit Aksara, menjelaskan ini doa berpakaian anak TK yang diriwayatkan oleh Sunan Abi Daud, Al-Libas: 3505).

Selain doa berpakaian anak TK, dijelaskan bahwa penting juga memahami bahwa ketika berdoa dianjurkan pula untuk menerapkan etika berpakaian sesuai sunnah Nabi Muhammad SAW.

Seperti memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. menutup aurat,
  2. berpakaian sederhana,
  3. bersih dan rapi,
  4. mendahulukan anggota badan yang kanan,
  5. laki-laki tidak berpakaian seperti perempuan dan perempuan tidak berpakaian seperti laki-laki, serta
  6. tidak berpakaian tipis.

Dari riwayat yang diberikan oleh Sa'ad bin Malik bin Sinan, dikemukakan bahwa Nabi Muhammad Sallallahu 'Alaihi Wa Sallam dalam menjalani rutinitas sehari-harinya, termasuk saat mengenakan pakaian, beliau selalu mengiringi aktivitasnya dengan doa kepada Allah SWT. Beliau memanjatkan doa yang panjang, penuh makna, dan sarat dengan pengajaran yang bernilai.

“Sesungguhnya Rasulullah Sallallahu 'Alaihi Wa Sallam ketika mengenakan pakaian, semacam gamis, selendang dan imamah, beliau berdoa: Allahumma innii as'aluka khairii wa khairi ma huwa lahu, wa a'udzu bika min syarrihi wa khairi ma huwa lahu.” (HR. Abu al-Khudri)

Doa berpakaian yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Sallallahu 'Alaihi Wa Sallam ini mengandung berbagai aspek yang sangat penting, di antaranya:

  1. Pertama, doa berpakaian ini mengandung permohonan kepada Allah SWT agar memberkahi pakaian yang dikenakan, baik dari segi kualitas, penampilan, dan manfaatnya. Beliau mengajarkan kepada umatnya untuk senantiasa memohon kepada Allah SWT agar pakaian yang dikenakan menjadi pakaian yang terberkahi, yang memberikan manfaat dan kebaikan bagi pemakainya.
  2. Kedua, Nabi Muhammad Sallallahu 'Alaihi Wa Sallam juga mengajarkan untuk berlindung kepada Allah SWT dari segala bentuk keburukan yang dapat terjadi terhadap pakaian yang dikenakan. Beliau mengajarkan kepada umatnya untuk membaca doa berpakaian agar terhindar dari penampilan yang tidak pantas, kualitas pakaian yang buruk, atau dampak negatif yang dapat ditimbulkan dari pakaian yang dikenakan.
  3. Ketiga, doa berpakaian ini juga mengandung pengajaran yang lebih luas, yaitu untuk selalu berdoa kepada Allah SWT dalam setiap aktivitas yang dilakukan. Nabi Muhammad Sallallahu 'Alaihi Wa Sallam mengajarkan kepada umatnya untuk selalu berdoa kepada Allah SWT dalam setiap langkah yang diambil, termasuk ketika akan memakai pakaian.
3 dari 3 halaman

Melepas Pakaian

بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لَا إِلهَ إِلاَّ هُوَ

Bismillahilladzii laailaha illa huwa

Artinya: “Dengan menyebut nama-Mu ya Allah, tiada tuhan selain Engkau.”

 

Dalam buku berjudul Doa & Adab Sehari-hari oleh Fatimah Azzahra, ini doa melepas pakaian anak TK yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW.

Nabi Muhammad Sallallahu 'Alaihi Wa Sallam telah mengajarkan kepada umatnya tentang pentingnya berdoa saat melepas pakaian. Beliau bersabda bahwa doa yang diucapkan pada saat melepas pakaian adalah tirai penghalang antara mata jin (makhluk gaib) dan aurat (bagian tubuh yang harus ditutupi) Bani Adam (manusia).

Diriwayatkan dari Ummu Salamah r.a., istri Nabi Sallallahu 'Alaihi Wa Sallam, beliau berkata:

"Rasulullah Sallallahu 'Alaihi Wa Sallam mengajarkan kepada kami: 'Tirai penghalang antara mata jin dan aurat Bani Adam ialah doa yang diucapkan tatkala ia melepas pakaian: Bismillaahilladzii laa ilaaha illaa huwa.'" (HR. Muslim)

Dalam buku berjudul 24 Jam Hidup dengan Doa dan Amal Harian Rasulullah oleh Abu Bakar bin As-Sina, ditegaskan pula bahwa doa melepas pakaian yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW adalah "Bismillaahilladzii laa ilaaha illaa huwa", yang artinya "Dengan nama Allah yang tidak ada tuhan selain-Nya."

Makna dari doa melepas pakaian anak TK sebagaimana dijelaskan sebagai berikut:

  1. Pertama, dengan mengucapkan "laa ilaaha illaa huwa" yang artinya "tiada tuhan selain Engkau", doa ini mengandung pengakuan atas keesaan Allah. Umat Muslim meyakini bahwa Allah adalah satu-satunya Tuhan yang berhak disembah dan tidak ada tuhan lain yang berhak disembah selain-Nya. Doa ini mengingatkan kita untuk senantiasa mengakui dan menghormati keesaan Allah dalam segala aspek kehidupan, termasuk dalam hal melepas pakaian.
  2. Kedua, dengan mengucapkan "Bismillaahilladzii" yang artinya "Dengan menyebut nama-Mu ya Allah", doa ini mengandung pengakuan atas keberadaan Allah sebagai Pencipta dan Pengatur segala urusan. Dalam melepas pakaian, kita mengingatkan diri kita sendiri bahwa kita berserah diri kepada Allah dalam setiap tindakan kita, termasuk dalam hal sekecil melepas pakaian.
  3. Ketiga, dalam doa ini, kita juga memohon perlindungan kepada Allah dengan mengucapkan "Bismillaahilladzii laa ilaaha illaa huwa". Doa ini mengandung permohonan kepada Allah untuk menjauhkan kita dari segala bentuk malapetaka, bahaya, atau keburukan yang mungkin terjadi saat melepas pakaian. Kita mengakui bahwa hanya Allah yang mampu memberikan perlindungan sejati kepada kita.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.