Sukses

Amalan Rasulullah SAW pada Malam Nuzulul Qur'an, Lakukan dan Peroleh Berkahnya

Amalan Rasulullah SAW pada Malam Nuzulul Qur'an, Lakukan dan Peroleh Berkahnya

Liputan6.com, Jakarta - Ramadhan adalah bulan yang istimewa lagi mulia dan penuh berkah. Pada bulan suci ini terjadi sejumlah peristiwa penting.

Salah satu yang paling penting adalah turunnya Al-Qur'an atau nuzulul Qur'an.

Mayoritas umat Islam di Indonesia memperingati nuzulul Qur'an pada 17 Ramadhan. Hal ini merujuk diturunkannya surat pertama Al-Qur'an kepada Nabi Muhammad SAW, yakni surat Al-Alaq di Gua Hira.

Al-Quran secara keseluruhan juga diturunkan dari lauhul mahfudz ke dunia pada bulan Ramadhan.

Meski begitu, ada pula yang berpendapat bahwa Al-Qur'an diturunkan pada 24 Ramadhan.

Terlepas dari perbedaan pendapat ini, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dan amalan malam Nuzulul Qur'an.

Karenanya, penting untuk mengetahui amalan Rasulullah SAW pada malam Nuzulul Qur'an. Berikut ini adalah amalam yang dilakukan Nabi Muhammad SAW pada malam Nuzulul Qur'an, yang tercatat dalam hadis.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Amalan Rasulullah SAW pada Malam Nuzulul Qur'an

Penuturan sahabat Abdullah bin Abbas radhiallahu ‘anhu tentang apa yang beliau lakukan.

1. Membaca Al-Qur'an

كَانَ جِبْرِيلُ يَلْقَاهُ فِى كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ ، فَيُدَارِسُهُ الْقُرْآنَ . رواه البخاري

"Dahulu Malaikat Jibril senantiasa menjumpai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pada setiap malam Ramadhan, dan selanjutnya ia membaca Alquran bersamanya.” (Riwayat Al Bukhari)

Demikianlah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bermudarasah, membaca Alquran bersama Malaikat Jibril alaihissalam di luar salat.

2. Membaca Al-Qur'an dalam Sholat

Ternyata itu belum cukup bagi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau masih merasa perlu untuk membaca Al-Qur'an dalam salatnya.

Lantas, seberapa panjang dan lama Rasulullah SAW membaca Al-Qur'an dalam sholatnya?

Berdasarkan penguturan sahabat Huzaifah radhiallahu ‘anhu tentang pengalaman beliau shalat tarawih bersama Rasulillah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Pada suatu malam di bulan Ramadhan, aku shalat bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di dalam bilik yang terbuat dari pelepah kurma. Beliau memulai salatnya dengan membaca takbir, selanjutnya beliau membaca doa"

الله أكبر ذُو الجَبَرُوت وَالْمَلَكُوتِ ، وَذُو الكِبْرِيَاءِ وَالْعَظَمَةِ

"Selanjutnya beliau mulai membaca surat Al-Baqarah, sayapun mengira bahwa beliau akan berhenti pada ayat ke-100, ternyata beliau terus membaca. Sayapun kembali mengira: beliau akan berhenti pada ayat ke-200, ternyata beliau terus membaca hingga akhir Al Baqarah, dan terus menyambungnya dengan surat Ali Imran hingga akhir."

"Kemudian beliau menyambungnya lagi dengan surat An Nisa’ hingga akhir surat. Setiap kali beliau melewati ayat yang mengandung hal-hal yang menakutkan, beliau berhenti sejenak untuk berdoa memohon perlindungan. …. Sejak usai dari shalat Isya’ pada awal malam hingga akhir malam, pada saat Bilal memberi tahu beliau bahwa waktu salat subuh telah tiba beliau hanya salat 4 rakaat.” (Riwayat Ahmad, dan Al Hakim).

 

3 dari 3 halaman

Surat yang Dibaca Nabi SAW dalam Sholat di Malam Nuzulul Qur'an

Tidak hanya berhenti pada mudarasah, beliau juga banyak membaca Alquran pada shalat beliau, sampai-sampai pada satu raka’at saja, beliau membaca surat Al Baqarah, Ali Imran dan An Nisa’, atau sebanyak 5 juz lebih.

Inilah yang dilakukan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pada bulan Ramadhan, dan demikianlah cara beliau memperingati turunnya Alquran. (Sumber: Laduni.id)

Tim Rembulan

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.