Sukses

Bacaan Doa Malam Nuzulul Qur'an Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Bacaan Do'a di Malam Nuzulul Qur'an Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Liputan6.com, Jakarta - Umat Islam di Indonesia memperingati Nuzulul Qur'an pada 17 Ramadhan. Nuzulul Qur'an merujuk pada diturunkannya surat pertama Al-Qur'an, kepada Nabi Muhammad SAW di Gua Hira.

Namun begitu, ada pula yang berpendapat Nuzulul Qur'an merujuk pada malam diturunkannya Al-Qur'an secara keseluruhan dari lauhul mahfudz ke Baitul 'Izzah di langit dunia, yang juga terjadi pada Ramadhan.

Penegasan bahwa Al-Qur'an turun pada Ramadhan terdapat dalam surat Al-Baqarah ayat 185.

 

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآَنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ. البقرة

“Bulan Ramadhan, bulan yang di padanya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil).” (Qs Al Baqarah: 185).

Malam Nuzulul Qur'an diperingati dengan berbagai agenda. Lazimnya, umat Islam akan membaca Al-Qur'an, sebagaimana dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Penuturan sahabat Abdullah bin Abbas radhiallahu ‘anhu tentang apa yang beliau lakukan.

كَانَ جِبْرِيلُ يَلْقَاهُ فِى كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ ، فَيُدَارِسُهُ الْقُرْآنَ . رواه البخاري

Dahulu Malaikat Jibril senantiasa menjumpai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pada setiap malam Ramadhan, dan selanjutnya ia membaca Alquran bersamanya.” (Riwayat Al Bukhari)

Selain itu, umat Islam melakukan berbagai amalan untuk memuliakan malam istimewa tersebut. Berikut ini adalah bacaan doa malam Nuzulul Quran.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lafal Doa Malam Nuzulul Qur'an Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Berikut ini adalah bacaan doa malam Nuzulul Quran

اَللهُم اغْفِرَلِيْ وَلِوَالِدَى ورْحَمْهُمَا كَمَارَبيَانِيْ صَغِيْرًا

Allahummaghfir lii wa liwaalidayya warhamhuma kamaa rabbayanii shaghiraa

"Ya Allah, ampunilah aku dan kedua orangtuaku, dan sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangi aku di waktu kecil"

Bacaan doa Nuzulul Quran di atas bisa diamalkan pada saat sedang memperingati atau menjalani atau melewati Nuzulul Quran karena doa di atas mempunyai maksud untuk memohon dan meminta ampunan kepada Allah SWT atas semua kesalahan (dosa) diri kita sendiri maupun kedua orangtua kita.

اللَّهُمَّ إنَّك عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Allahumma Innaka 'Afuwwun, Tuhibbul 'Afwa, Fa'fu 'Anni

"Ya Allah, sesungguhnya Engkau Mahapemaaf dan senang memaafkan, maka maafkanlah kesalahanku."

Lalu bacaan doa malam Nuzulul Quran di atas bisa diamalkan pula karena sudah pernah diriwayatkan oleh Aisyah RA bahwa ia pernah bertanya kepada Nabi Muhammad SAW tentang bacaan doa apa yang harus dibaca saat bertepatan dengan malam Lailatul Qadar. Beliau menjawab seperti Do'a yang tertera diatas. (Sumber: Laduni.id).

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.