Sukses

Azab Orang Dengki, Buya Yahya: Sebelum di Akhirat Sudah Dihukum di Dunia

Hukum orang dengki menurut Buya Yahya: Di dunia sudah dihukum sebelum di akhirat.

Liputan6.com, Jakarta - KH Yahya Zainul Ma'arif (Buya Yahya) dalam sebuah majelis menyatakan, orang dengki sudah mendapat hukuman atau azab sejak di dunia. Tidak menutup kemungkinan akan berlanjut ke akhirat kelak.

"Hukuman dengki dan rakus itu adalah sebelum di akhirat sudah dihukum, iya di dunia," kata Buya Yahya seperti dalam unggahan video Youtube chanel @babangakhtar.

Menurut Buya, orang dengki tidak akan pernah merasa puas. Misalnya melihat keberhasilan tetangga, maka dengki dan iri. Tidak pernah merasa puas, inilah sakit, sakit sebagai hukuman saat ada di dunia.

"Dia tidak akan puas selamanya. bahkan dengan hati dengki itu lihat sakitnya bertubi-tubi, lihat tetangganya dagangannya sukses sakit, bangun rumah sakit, sakit, sakit," ujar Buya Yahya.

"Di dunia sudah dihukum sebelumnya," tambahnya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ini Penjelasan Dengki

Mengutip islampos.com, dengki merupakan pertarungan sepihak. Sebab, yang menjadi sasarannya kadang tidak mengetahui. Setiap orang yang dengki ketika melihat sasarannya, hatinya selalu tidak enak dan gelisah. Dan pada akhirnya menjadi penyakit batin baginya. Tidak heran, ada beberapa azan bagi orang yang dengki.

Dengki adalah wujud ketidakbersihan batin seseorang. Ia praktekkan oleh orang yang mengaku beriman atau tidak. Kedengkian orang beriman adakalanya diwujudkan dalam bentuk ketidaksukaan akan karunia yang diterima orang lain yang dirinya tidak bisa mencapainya.

Kedengkian orang yang tidak beriman adakalanya diwujudkan dalam bentuk menghalang-halangi seseorang untuk beriman kepada Allah .

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

اَمْ يَحْسُدُوْنَ النَّا سَ عَلٰى مَاۤ اٰتٰٮهُمُ اللّٰهُ مِنْ فَضْلِهٖ ۚ فَقَدْ اٰتَيْنَاۤ اٰلَ اِبْرٰهِيْمَ الْـكِتٰبَ وَا لْحِكْمَةَ وَاٰ تَيْنٰهُمْ مُّلْكًا عَظِيْمًا

am yahsuduunan-naasa ‘alaa maaa aataahumullohu ming fadhlih, fa qod aatainaaa aala ibroohiimal-kitaaba wal-hikmata wa aatainaahum mulkan ‘azhiimaa

“Ataukah mereka dengki kepada manusia (Muhammad) karena karunia yang telah diberikan Allah kepadanya? Sungguh, Kami telah memberikan kitab dan hikmah kepada keluarga Ibrahim, dan Kami telah memberikan kepada mereka kerajaan (kekuasaan) yang besar.” (QS. An-Nisa’ 4: Ayat 54)

3 dari 4 halaman

8 Azab Bagi Pelaku Dengki

Ketahuilah bahwa, orang yang suka mendengki itu akan memperoleh delapan bencana atau azab:

1. Azab bagi Orang yang Dengki: Rusak taatnya

Karena diriwayatkan dari sahabat Abu Hurairah RA. Dari Nabi Muhammad SAW. Bahwa beliau bersabda, yang artinya : ‘’Hindarilah olehmu sifat dengki, sebab dengki itu melahap kebaikan-kebaikan sebagaimana api melahap kayu bakar dan rumput. Atau, menjerumuskannya kepada kekufuran."

2. Azab bagi Orang yang Dengki: Menyeretnya kepada perbuatan-perbuatan maksiat

Karena pendengki itu biasanya tidak luput dari menggunjing, berdusta, mencaci dan senang dengan kesusahan orang lain. Attabrani meriwayatkan dari Dhamrah bin Tsa’labah, katanya : ‘’Manusia akan selalu berada dalam keadaan yang baik selama mereka tidak saling mendengki."

3. Azab bagi Orang yang Dengki: Tidak memperoleh syafaat

Attabrani meriwayatkan dari Abdullah bin Basyar, dari Nabi ﷺ . Bahwa belliau bersabda, yang artinya : ‘’Tidak termasuk ke dalam golonganku orang yang suka mendengki, orang yang suka mengadu-domba, dan tukang ramal; dan aku pun tidak tergolong darinya."

4. Azab bagi Orang yang Dengki: Masuk neraka

Addailami meriwayatkan dari sahabat Ibnu Umar RA. Dan sabahat Anas bin Malik RA, bahwa Nabi ﷺMUhammad SAW bersabda: "Enam golongan manusia masuk neraka sebelum dihisab dikarenakan oleh enam perkara. Sahabat bertanya : "Siapa mereka, Ya Rasuullah?. Beliau menjawab : Para pemimpin pemerintahan karena kedzalimannya, orang-orang arab karena fanatic kesukuannya, kepala-kepala daerah karena kesombongannya, para pedagang karena ketidak jujurannya, para penduduk dusun karena kebodohannya, dan orang-orang alim karena kedengkiannya."

4 dari 4 halaman

5. Azab bagi Orang yang Dengki: Penyebab dilakukannya sesuatu yang merugikan orang lain

Oleh karenanya, Allah ta’ala memerintahkan agar memohon perlindungan dari kejahatan pendengki, sebagaimana Dia memerintahkan agar memohon perlindungan dari setan yang terkutuk.

Hal ini disebutkan dalam firman-Nya, yang artinya:"Dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia mendengki" Dan sabda Nabi ﷺMuhammad SAW yang artinya : "Jadikanlah sikap tutup itu sebagai penolong dalam usaha meraih keinginan-keinginanmu, sebab setiap orang yang memperoleh nikmat itu pasti dengki."

6. Azab bagi Orang yang Dengki: Letih dan susah tanpa manfaat, bahkan diserati dengan dosa dan maksiat

Ibnu Assammak berkata : ‘’Saya tidak pernah melihat orang zalim yang lebih mirip dengan orang yang dizalimi selain pendengki, selalu letih, akal bingung, dan susah yang tak kunjung reda.

7. Azab bagi Orang yang Dengki: Buta hati

Sehingga hampir tidak mengerti satu hukum pun dari hukum-hukum Allah Ta’alaSufyan berkata : "Janganlah engkau menjadi pendengki, agar engkau cepat mengerti."

8. Azab bagi Orang yang Dengki: Tidak akan sukses segala bidang

Bahkan selalu kalah, sehingga hampir tidak pernah memperoleh apa yang di cita-citakannya dan tidak pernah menang atas musuhnya.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.