Sukses

Bacaan Dzikir Setelah Sholat Fardhu Lengkap Beserta Artinya

Bacaan dzikir setelah sholat memiliki keutamaan yang sangat besar.

Liputan6.com, Jakarta Bacaan dzikir setelah sholat memiliki keutamaan yang sangat besar. Pada sebuah hadis riwayat Abu Hurairah, Rasulullah SAW mengajarkan bacaan zikir setelah sholat lima waktu, yaitu:

"Siapa yang bertasbih, bertahmid, dan bertakbir setelah salat sebanyak 33 kali dan menutupnya dengan membaca lâ ilâha illallâh lâ syarîka lahu lahul mulku wa lahulhamdu wa huwa ‘alâ kulli syai’in qadîr, maka dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan."

Dzikir setelah sholat ini biasanya dibacakan oleh imam setelah sholat berjemaah di masjid. Namun, bila sholat sendiri di rumah tentu kamu perlu melafalkannya sendiri. Jadi, setiap muslim perlu menghafalkan dan menerapkannya setiap hari.

Bacaan dzikir setelah sholat bisa kamu lafalkan setelah melaksanakan sholat fardu. Doa setelah sholat ini memang bisa kamu praktikkan setelah sholat 5 waktu, mulai dari sholat Subuh, Zuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (5/4/2023) tentang bacaan dzikir setelah sholat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Istighfar 3 Kali

Bacaan dzikir setelah sholat yang pertama adalah dengan beristighfar 3 kali dan dilanjutkan dengan membaca doa.

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِـيْمِ الَّذِيْ لَااِلَهَ اِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

"Astghfirullah hal’adzim, alladzi laailaha illahuwal khayyul qoyyuumu wa atuubu ilaiih."

Artinya:

"Aku mohon ampun kepada Allah Yang Maha Besar, tidak ada tuhan melainkan Dia, yang Maha Hidup yang terus-menerus mengurus makhluk-Nya, dan saya bertobat kepada-Nya."

 

Doa Setelah Sholat Fardu

لَااِلَهَ اِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْر

"Laa ilaha illallah wakhdahu laa syarika lahu, lahul mulku walahul khamdu yukhyiiy wayumiitu wahuwa ‘alaa kulli syai’innqodiir."

Artinya:

"Tidak ada Rabb yang berhak disembah kecuali Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan. Bagi-Nya pujaan. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu."

 

Doa Mohon Perlindungan dari Siksa Api Neraka

Bacaan dzikir setelah sholat berikutnya yaitu doa mohon perlindungan dari siksa api neraka.

للَّهُمَّ أَجِرْنِـى مِنَ النَّارِ

"Allahumma ajirni minan-naar."

Artinya:

"Ya Allah lindungilah aku dari api neraka"

 

Doa Mohon Keselamatan

Doa mohon keselamatan menjadi bacaan dzikir setelah sholat berikutnya.

للَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ، وَمِنْكَ السَّلَامُ، وَإِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلَامُ فَحَيِّنَارَبَّنَا بِالسَّلَامِ وَاَدْخِلْنَا الْـجَنَّةَ دَارَ السَّلَامِ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ يَا ذَاالْـجَلَالِ وَاْلإِكْرَام.

"Allahumma antassalam, wamingkassalam, wa ilayka ya’uudussalam fakhayyina rabbanaa bissalaam wa-adkhilnaljannata darossalaam tabarokta rabbanaa wata’alayta yaa dzaljalaali wal ikraam."

Artinya:

"Ya Allah, Engkaulah As-Salaam (Yang selamat dari kejelekan-kejelekan, kekurangan-kekurangan dan kerusakan-kerusakan) dan dari-Mu as-salaam (keselamatan), Maha Berkah Engkau Wahai Dzat Yang Maha Agung dan Maha Baik"

3 dari 5 halaman

Membaca Tasbih, Tahmid, Takbir

Bacaan dzikir setelah sholat selanjutnya yaitu dengan membaca tasbih, tahmid, dan takbir sebanyak masing-masing 33x ditambah 1x tahlil.

Membaca kalimat Tasbih 33 kali "SUBHANALLAH"

Membaca kalimat Tahmid 33 kali "ALHAMDULILLAH"

Membaca kalimat Takbir 33 kali "ALLAHU AKBAR"

 

Membaca Tahlil dan Doa Memohon Ampunan Allah

Bacaan dzikir setelah sholat untuk memohon ampunan Allah SWT yaitu sebagai berikut:

“Laa ilaha illallah wakhdahu laa syarika lahu, lahul mulku walahul khamdu yukhyiiy wayumiitu wahuwa 'alaa kulli syai'innqodiir.”

Artinya:

“Tiada ilah yang berhak disembah selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Segala pujian dan kerajaan adalah milik Allah. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (HR. Bukhari, Muslim).

4 dari 5 halaman

Doa Diterima Ibadahnya

Bacaan dzikir setelah sholat berikutnya yaitu doa supaya ibadah diterima oleh Allah SWT.

“Allahumma rabbana taqabbal minna shalatana wa shiyamana wa ruku’ana wa sujudana wa qu’udana wa tadharru’ana wa takhasysyu’ana wa ta’abbudana wa tammim taqshirana ya Allah ya rabbal alamin.”

Artinya:

“Ya Allah, terimalah shalat kami, puasa kami, rukuk kami, sujud kami, duduk rabah kami, kerendahdirian kami, kekhusyukan kami, pengabdian kami, dan sempurnakanlah apa yang kami lakukan selama kami menunaikan shala Ya Allah, Tuhan seru sekalian alam.”

 

Doa Memohon Keselamatan

Doa memohon keselamatan juga kerap kali dilafalkan sebagai bacaan dzikir setelah sholat yang sangat penting.

“Allahumma inna nasaluka salamatan fid-din wa ‘afiyatan fil-jasadi wa ziyadatan fil-“ilmi wa barakatan fir-rizqi wa taubatan qablal-mautwa rahmatan ‘indal-mautwa maghfiratamba’dal-maut allahumma hawwin ‘alaina fi sakaratil-maut, wan najata minan-nar wal-afwa ‘indalkhisab.”

Artinya:

“Ya Allah, ya Tuhan kami, kami mohon keselamatan agam, kesehatan jasmani, bertambahnya ilmu, dan berkah rezeki, dapat bertobat sebelum mati, mendapatkan rahmat ketika mati, dan memperoleh ampunan setelah mati. Ya Allah, ya Tuhan kami, mudahkanlah kami saat mengalami sakaratul maut. Ya Allah, bebaskanlah kami dari azab neraka, serta memperoleh ampunan ketika dihisab.”

5 dari 5 halaman

Doa Selamat Dunia dan Akhirat

Bacaan dzikir setelah sholat yang tidak pernah terlewatkan yaitu doa selamat dunia dan akhirat.

“Rabbanaa Taqabbal Minnaa Innaka Antas Samii’ul ‘Aliim, Wa Tub ‘Alainaa Innaka Antat Ta Wwa Abur Rahiim.”

“Wahai Tuhan kami, perkenankanlah (permohonan) dari kami, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar Lagi Maha Mengetahui. Dan terimalah taubat kami, sesungguhnya Engkau Maha Menerima Taubat lagi Maha Penyayang.”

 

“Rabbanaa Aatinaa Fiddunnyaa Hasanah, Wa Fil Aakhirati Hasanah, Waqinaa ‘Adzaa Ban Naar.”

“Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.”

 

“Washallallaahu ‘Alaa Sayyidinaa Muhamma-Din Wa’alaa Aalihiwa Shahbihiiwa Sallam, Wal Hamdu Lillaahirabbil ‘Aalamiin.”

“Semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami, Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya dan segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.