Sukses

Foto Ustaz Adi Hidayat Dicatut dan Disebut Meninggal Dunia, Ini Faktanya

Beredar kabar di media sosial Youtube yang menampilkan sosok Ustaz Adi Hidayat dengan narasi meninggal dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar kabar di media sosial Youtube yang menampilkan sosok Ustaz Adi Hidayat dengan narasi meninggal dunia. Kabar duka tersebut disampaikan oleh kanal YouTube Trend 7 Official.

Melalui video yang diunggah di akun tersebut, tampak tak ada nama yang disematkan di judul, tetapi foto sampul video tersebut yang memperlihatkan sosok Ustaz Adi Hidayat yang dikelilingi oleh karangan bunga. 

"Sungguh Tak Menyangka Ustadz Ternama Ini Wafat Saat Jadi Imam Solat," tulis keterangan judul dari video dalam YouTube Trend 7 Official yang diunggah pada Sabtu (25/3/2023).

Selain mencatut foto Ustaz Adi Hidayat yang dikelilingi karangan bunga, terlihat juga tokoh publik lain seperti Ustaz Abdul Somad, Ustaz Solmed, sampai Faank Wali yang menahan kesedihan.

"Innalillahi! Duka di Bulan Suci Ustadz Ternama Meninggal Dunia Secara Mendadak Saat Jadi Imam Solat Tarawih," tulis pengunggah pada sampul video tersebut.

Hingga Senin (3/4/2203), video tersebut sudah disaksikan ribuan kali. Namun, jika video diperhatikan secara seksama, ada ketidaksesuaian antara judul, sampul video, serta isi dari unggahan kanal YouTube Trend 7 Official tersebut.

Berbeda dari sampul foto, video tersebut justru memberikan informasi kabar meninggalnya seorang pemuka agama asal Banyuwangi, Jawa Timur, yang bernama Ustaz Abdul Jalal.

Salah satu komentar warganet pun menyayangkan adanya ilustrasi yang mengecoh tersebut.

"Kalau cari duit jangan gini amat min.. Astaghfirullah ini informasi menyesatkan,   anda pakai foto ustadz Adi Hidayat, lalu pakai ustadz ternama.. Astaghfirullah..ini penyesatan," tulis warganet tersebut.

Sementara itu, hingga kini Ustaz Adi Hidayat masih aktif menyampaikan dakwah pada bulan Ramadan. Bahkan melalui akun Instagram pribadinya, Adi Hidauat masih melakukan kegiatan syiar.

Sehingga, bisa disimpulkan bahwa kabar Ustaz Adi Hidayat meninggal dunia adalah hoaks.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.