Sukses

6 Peristiwa Dahsyat Usai Hari Kiamat yang Akan Dilalui Umat Manusia

Liputan6.com, Jakarta - Hari Kiamat kubra pasti akan terjadi dan merupakan keniscayaan. Pada saat itu, seluruh makhluk akan mati, terkecuali yang dikehendaki-Nya.

Kiamat sendiri ada dua, yakni kiamat sugra dan kiamat kubra. Kiamat sugra bisa ditemui tiap hari. Misalnya orang meninggal.

Sementara, kiamat kubra adalah ketentuan Allah SWT yang waktunya tak diketahui kecuali oleh-Nya.

Usai hari kiamat kubra, makhluk akan dibangkitkan dan dikumpulkan di padang Mahsyar. Manusia pun akan dibangkitkan dan menghadapi pengadilan Allah SWT.

Berikut ini adalah peristiwa-peristiwa yang akan dilalui umat manusia usai hari kiamat.

 

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

6 Peristiwa Usai Hari Kiamat

Mengutip an-nur.ac.id, peristiwa-peristiwa yang akan dialami oleh manusia di hari akhir adalah sebagai berikut:

1. Yaumul Barzakh

Barzakh secara bahasa berarti pembatas atau dinding. Pengertian yaumul barzah aadlah hari penantian manusia di alam kubur setelah meninggal. Barzah batas atau perantara antara alam dunia dan alam akhirat. Di alam inilah manusia akan menunggu hari kebangkitan.

Kejadian-kejadian yang akan dihadapi manusia di alam barzah adalah pertanyaan dari malaikat Munkar dan Nakir, Manusia akan diperiksa amal perbuatannya dan keimanannya ibadahnya oleh malaikat Munkar dan Nakir, Nikmat dan siksa kubur.

2. Yaumul Ba’as

Pengertian Yaumul Ba’as adalah hari bangkitnya seluruh makhluk dari kuburnya, sejak manusia pertama hingga berakhir. Penegasan Allah SWT terhadapnya hari kebangkitan terdapat dalam Q.S. An Nahl ayat 38,

artinya : “Mereka bersumpah dengan nama Allah dengan sumpahnya yang sungguh-sungguh : “Allah tidak akan membangkitkan orang yang mati”. (Tidak demikian), bahkan (pasti Allah akan membangkitnya), sebagai suatu janji yang benar dari Allah, akan tetapi kebanyakan manusia tiada mengetahui. (Q.S. An Nahl :38).

dan Surat Yaasin ayat 51,

artinya : ” Dan ditiuplah sasangkala, maka tiba-tiba mereka ke luar dengan segera di kuburnya (menuju) kepada Tuhan mereka. (Q.S. Yaasin :51).

 

3 dari 3 halaman

3. Yaumul Hasyr (Hari berkumpulnya manusia)

Pengertian Yaumul Hasyr adalah fase manusia digiring ke suatu tempat yang bernama Padang Mahsyar  setelah kebangkitan dari kubur. Allah SWT berfirman : “Dan kami kumpulkan mereka, maka kami tidak meninggalkan mereka seorang pun”. (Q.S. Al Kahli : 47).

4. Yaumul Hisab (Hari Perhitungan)

Pengertian Yaumul Hisab adalah hari manusia dihisab, dihitung dan ditimbang amal perbuatannya selama dunia akhirat. Allah SWT berfirman : “Kami  akan memasang timbangan yang tepat pada hari kiamat, maka tiadalah yang dirugikan seseorang barang sedikit pun. Dan jika (amalan itu) hanya seberat biji sawi pun pasti kami mendatangkan (pahala)nya. Dan cukuplah Kami sebagai pembuat perhitungan. “(Q.S. Al-Anbiya : 47).

5. Yaumul Jaza’

(Hari Pembalasan)Pengertian yaumul jaza’ adalah hari ketika Allah SWT memberi keputusan kepada manusia.

6. Surga dan Neraka

Surga adalah tempat yang penuh dengan berbagai kenikmatan, yang disediakan Allah bagi orang-orang yang bertakwa, Sedangkan Neraka adalah tempat yang penuh dengan berbagai siksaan, yang disediakan Allah bagi orang-orang yang durhaka.

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.