Sukses

Doa yang Bisa Dibaca untuk Mengatasi Kecemasan dan Depresi

Berikut ini doa yang bisa dibaca untuk mengatasi kecemasan dan depresi.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai manusia biasa, perasaan kita seringkali bisa berubah; terkadang, kita bisa senang, gembira, tenang, atau bahkan marah. Bahkan tak jarang, rasa cemas, khawatir, takut, dan depresi mendominasi hati manusia. Ini akan membuat seseorang merasa gelisah dan tidak nyaman.

Ketakutan dan kekhawatiran ini bisa disebabkan oleh apa saja. Bisa jadi karena pekerjaan yang belum selesai, masalah rumah tangga hingga potensi masalah lainnya yang belum terjadi namun membuat kita takut dan khawatir.

Perasaan cemas, takut bahkan depresi yang hampir semua orang pernah rasakan tentu bukan perasaan yang menyenangkan. Meskipun perasaan tersebut seringkali mengganggu, namun manusia tidak dapat lepas dari perasaan tersebut.

Untuk itu, Islam sebagai agama yang sempurna dan peduli menganjurkan ketika umat Islam menghadapi tantangan mental seperti kecemasan atau depresi, cukup berharap kedamaian dari Allah SWT dan membaca doa untuk menghilangkan kecemasan dan ketakutan yang berlebihan. 

Oleh karena itu, dianjurkan bagi kita sebagai umat Islam untuk tidak terbawa perasaan cemas atau bahkan takut. Hal ini dikarenakan ajaran Islam telah mengajarkan kepada kita bahwa kita dapat membawa ketenangan pikiran dari Allah SWT melalui doa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bacaan doanya

Namun, ingatlah bahwa doa atau do'a penenteram hati ini adalah bentuk permohonan kita kepada Allah SWT, sehingga harus disertai dengan ketabahan dan kesabaran.

Berikut ini adalah doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad, Sallallahu alaihi wa Sallam yang dapat dibaca oleh umat Islam untuk mengurangi kecemasan, depresi, dan perasaan tidak nyaman lainnya.  

 

Ingatlah bahwa mengalami depresi atau gangguan mental lainnya tidak selalu berarti bahwa seseorang tidak percaya kepada Allah SWT dan keputusan ilahi-Nya atau karena seseorang memiliki iman yang lebih rendah, tetapi jika seseorang hanya mengandalkan Allah terlepas dari tantangan mental yang dia hadapi, itu membuktikan betapa teguh imannya.

Semoga Allah selalu melindungi kita dan menghilangkan perasaan cemas dan depresi dari hati kita. Ameen Ya Rabbil Alameen.

3 dari 3 halaman

Infografis Jadwal Imsakiyah 1444 H Ramadhan 2023 untuk DKI Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini