Sukses

3 Doa untuk Orang Tua Agar Masuk Surga, Wujud Berbakti

Membaca doa untuk orang tua agar masuk surga merupakan wujud kepedulian dan kasih sayang kepada keduanya.

Liputan6.com, Jakarta - Membaca doa untuk orang tua agar masuk surga adalah salah satu keutamaan dalam agama Islam. Ini karena mendoakan orang tua adalah tanda penghormatan dan rasa syukur atas segala kasih sayang yang telah diberikan oleh orang tua sepanjang hidup.

Hal ini dilakukan sebagai wujud berbaktinya seorang anak kepada orang tuanya. Kemudian, membaca doa untuk orang tua agar masuk surga juga merupakan wujud kepedulian dan kasih sayang seorang anak terhadap orang tua, terlebih lagi ketika orang tua telah meninggal dunia.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Imam Muslim, Rasulullah SAW bersabda bahwa sebaik-baik amal yang dilakukan oleh anak manusia setelah kewajiban beribadah kepada Allah SWT adalah berbakti kepada kedua orang tua.

Menurut ajaran agama Islam, orang tua dianggap sebagai pintu surga bagi anak-anaknya terutama ibu. Oleh karena itu, membaca doa untuk orang tua agar masuk surga adalah bentuk upaya anak untuk menjaga hubungan baik dengan orang tua, meskipun mereka telah berpulang ke rahmatullah.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang doa untuk orang tua agar masuk surga, Kamis (23/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Rabbighfir li, wa li walidayya, warham huma kama rabbayani shaghira.

Artinya: “Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil.”

Ini doa untuk kedua orang tua agar masuk surga yang terdapat dalam Al-Qur’an surat al-Isra ayat 24. Dalam surat tersebut, dijelaskan bahwa Allah memerintahkan untuk setiap anak merendahkan diri di hadapan kedua orang tuanya dan membaca doa untuk kedua orang tua.

Allah berfirman dalam surat Al-Qur’an surat al-Isra ayat 23:

"Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia, dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah engkau membentak keduanya dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.”

Dalam doa untuk orang tua agar masuk surga ini, anak memohon ampunan kepada Allah SWT atas dosa-dosanya dan juga dosa orang tuanya. Anak juga memohon agar Allah SWT senantiasa melindungi, memberkahi, dan memberikan kesehatan kepada kedua orang tuanya.

Anak juga berharap agar Allah SWT memasukkan orang tuanya ke dalam surga dan memberikan kedamaian di akhirat kelak.

Maka dengan mengucapkan doa untuk orang tua, anak menunjukkan rasa cinta dan sayangnya kepada kedua orang tuanya, serta memohon agar Allah SWT senantiasa memberikan kebahagiaan bagi kedua orang tuanya di dunia dan akhirat.

3 dari 5 halaman

2. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ وَارْحَمْهُمْ وَعَافِهِمْ وَاعْفُ عَنْهُمْ. اللَّهُمَّ اَنْزِلِ الرَّحْمَةَ وَالْمَغْفِرَةَ وَالشَّفَاعَةَ عَلَى أَهْلِ الْقُبُوْرِ مِنْ أَهْلِ لَاالَهَ اِلَّا اللهُ مُحَمَّدٌ رَّسُوْلُ اللهِ

Allahummaghfir lahum, warhamhum, wa 'afihim, wa'fu 'anhum. Allahumma anzilir rahmata, wal maghfirata, was syafa'ata 'ala ahlil quburi min ahli la ilaha illallahu Muhammadun rasulullah.

Artinya: “Ya Allah, berikanlah ampunan, kasih sayang, afiat, dan maaf untuk mereka. Ya Allah, turunkanlah rahmat, ampunan, syafa'at bagi ahli kubur penganut dua kalimat syahadat.”

Ini doa untuk orang tua agar masuk surga terutama bagi orang tua yang sudah meninggal dunia. Isi doa untuk orang tua ini, anak memohon kepada Allah SWT untuk memberikan ampunan, kasih sayang, afiat, dan maaf kepada kedua orang tuanya, sehingga dapat membuka pintu kebahagiaan di akhirat kelak.

Selain itu, anak juga memohon agar Allah SWT memberikan rahmat, ampunan, dan syafa'at bagi kedua orang tuanya di alam kubur dan menjadikan mereka sebagai penganut dua kalimat syahadat yang berbahagia di surga.

Maka, dengan doa untuk kedua orang tua agar masuk surga yang dipanjatkan dengan tulus dan ikhlas, anak dapat menjadi penyelamat bagi kedua orang tuanya dan memberikan kebahagiaan yang abadi di surga.

4 dari 5 halaman

3. اَللهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، َاْلاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ، وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiron. Walijamii’il muslimiina walmuslimaati, walmu’miniina wal mu’minaati al ahyaa’I minhum wal amwaati, wataabi’ bainanaa wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa annta khoirur raahimiina, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil adhiimi

Artinya: "Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya itu sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah di antara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu."

Ini doa untuk orang tua masuk surga, baik untuk mereka orang tua yang sudah meninggal ataupun masih ada di dunia. Hal ini dijelaskan dalam buku berjudul Keutamaan Etika Islam (2017) oleh Fajar Kurnianto, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan setiap umat muslim untuk selalu mendoakan orang tua sebagai wujud berbakti terhadap mereka.

5 dari 5 halaman

Berbakti kepada Orang Tua

Selain dengan mendoakan agar orang tua masuk surga, ada beberapa cara berbakti kepada orang tua yang bisa dilakukan. Ini penjelasannya yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

  1. Pertama, dengan memberikan perhatian dan kasih sayang. Ini bisa dilakukan dengan sering berbicara dengan orang tua, mendengarkan cerita-cerita mereka, serta memberikan waktu dan perhatian saat mereka membutuhkan.
  2. Kedua, dengan memberikan bantuan finansial atau materi kepada orang tua. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan uang saku, membelikan barang-barang kebutuhan, atau membayar biaya perawatan kesehatan.
  3. Ketiga, dengan membantu melakukan tugas-tugas rumah tangga atau memberikan bantuan dalam aktivitas sehari-hari orang tua.
  4. Keempat, dengan menghormati dan menghargai pendapat orang tua. Hal ini bisa dilakukan dengan mendengarkan saran dan masukan mereka, serta menghormati keputusan yang diambil oleh orang tua.

Maka, dengan melakukan cara-cara ini, anak dapat menunjukkan rasa bakti dan penghormatan kepada orang tua, serta memberikan kebahagiaan dan kenyamanan bagi mereka di masa tua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.